HOME, Keluarga

5 Kelebihan Kapas Reusable Dibandingkan Kapas Sekali Pakai, Lebih Aman untuk Kulit

5 Kelebihan Kapas Reusable Dibandingkan Kapas Sekali Pakai, Lebih Aman untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Sebagai penggemar makeup, makeup remover apa yang biasa Anda gunakan untuk menyingkirkan sisa makeup pada wajah? Kebanyakan orang pasti akan menjawab kapas sekali pakai.

Meski mudah ditemukan di berbagai tempat, namun tahukah Anda bahwa kapas sekali pakai yang biasa Anda gunakan menyimpan sisi negatif yang bisa merusak kulit dan lingkungan?

Jika demikian, adakah pengganti yang lebih baik dari kapas sekali pakai? Tentu ada! Bernama reusable cotton pads atau kapas reusable, inilah 5 kelebihannya yang patut Anda ketahui dan dijadikan sebagai pertimbangan untuk menggunakannya mulai dari sekarang.

Baca Juga: Intip Pola Makan yang Baik untuk Usia 40 Tahun-an, Yuk!

1. Lebih bagus untuk kulit

Kapas reusable dirancang menggunakan serat mikro yang cenderung lembut bagi kulit. Dengan bahan ini, kapas reusable akan membantu membersihkan makeup tanpa merusak kulit.

Berbeda dengan tisu atau kapas biasa yang banyak beredar di pasaran, kapas reusable tidak dibuat menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kulit dalam jangka panjang. Jadi, dijamin aman dan tidak akan merugikan kulit cantik Anda.

2. Mudah digunakan di sekitar mata

Apakah Anda sering mengalami kapas yang Anda gunakan untuk membersihkan makeup mata menjadi mudah berantakan? Jika benar demikian, maka sudah saatnya bagi Anda untuk mulai menggunakan kapas reusable.

Selain aman untuk kulit area mata yang cenderung tipis, kapas reusable juga terbilang mudah digunakan untuk membersihkan makeup mata seperti eyeshadow, maskara, hingga eyeliner dengan lebih baik.

3. Lebih murah

Meski uang yang harus dikeluarkan pada awal pembelian kapas reusable cenderung lebih mahal dibandingkan kapas biasa, namun sifatnya yang reusable menjadikan kapas jenis ini jauh lebih ekonomis karena bisa digunakan berkali-kali.

Cukup dicuci dengan tangan menggunakan air sabun, kapas reusable pun akan kembali bersih layaknya baru dalam waktu relatif singkat dan siap untuk digunakan lagi. Tidak hanya bisa dicuci menggunakan tangan, kapas reusable bahkan bisa dicuci menggunakan mesin cuci jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya secara manual.

4. Praktis digunakan

Bahan microfiber yang digunakan untuk membuat kapas reusable akan bekerja seperti magnet yang bisa menarik semua partikel makeup yang menempel pada kulit wajah.

Dengan kemampuannya ini, kapas reusable menjadi solusi makeup remover yang praktis untuk menghapus makeup secara sekaligus.

5. Ramah lingkungan

Dikarenakan kapas reusable dapat digunakan berkali-kali, maka limbah harian akan berkurang secara signifikan. Itu artinya, kapas jenis ini jauh lebih baik bagi lingkungan alih-alih kapas sekali pakai yang hanya akan menambah tumpukan sampah setiap harinya.

Jika Anda merawatnya dengan baik, kapas reusable bahkan dapat digunakan selama berbulan-bulan dan bertahan selama sekitar 1.000 kali pencucian lho. Dengan memutuskan untuk beralih dari kapas sekali pakai ke kapas reusable, maka sampah kapas harian Anda akan menurun menjadi 0. Luar biasa bukan?

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Serum Wajah Berdasarkan Kebutuhan Kulit Anda, Cari Tahu di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News