HOME, Keluarga

5 Kelebihan Burung sebagai Hewan Piaraan, Nomer 5 Bikin Trenyuh!

5 Kelebihan Burung sebagai Hewan Piaraan, Nomer 5 Bikin Trenyuh!

MOMSMONEY.ID - Menginginkan hewan peliharaan terkadang tidak menjadi hal yang mudah untuk didapatkan seseorang. Ini karena ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan seperti ruang terbatas, mobilitas terbatas, atau dana terbatas.

Namun, bila Anda tetap ingin memiliki hewan peliharaan, burung mungkin cocok untuk alasan-alasan itu. Lebih jauh, berikut beberapa kelebihan memiliki burung sebagai hewan peliharaan menurut The Spruce Pets.

1. Hewan Peliharaan yang Kecil, tapi Sangat Pintar

Beberapa jenis burung yang dipelihara memiliki kecerdasan yang sangat baik.

Mereka memiliki kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan kognitif yang menunjukkan tingkat kecerdasan yang tinggi. Misalnya, seperti chickadee, parrots, dan cockatoo yang memiliki keterampilan memecahkan masalah dan meniru suara dengan baik bila dilatih.

Burung yang dilatih bahkan juga dapat menggunakan alat dan menghitung dari kiri ke kanan.

Baca Juga: Ternyata Telur Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Anjing, Ini Cara Menyajikannya

2. Bisa Dipelihara di Rumah yang Mungil

Dibandingkan dengan hewan peliharaan berkaki empat yang berkeliaran bebas dan tanpa pengawasan di dalam rumah, burung relatif lebih mudah dirawat.

Ini karena mereka dapat ditempatkan di dalam kandang setiap waktu untuk keamanan mereka sendiri.

Meski terkadang Anda butuh juga mengeluarkan mereka dari kandang, tetapi ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk mereka berkeliaran layaknya anjing dan kucing.  

3. Hanya Membutuhkan Sedikit Perawatan

Burung adalah hewan yang bersih secara alami dan mereka selalu merapikan bulunya sendiri setiap hari.

Anda juga tidak perlu melakukan perawatan di salon hewan untuk mengurus bulu-bulunya. Untuk membersihkan bulu burung, Anda hanya perlu menyemprotkan air bersih yang ringan sebanyak dua kali seminggu.

Selain itu, banyak orang lebih nyaman membersihkan sangkar burung sekali sehari daripada menyendoki kotak pasir setiap waktu.

Memelihara burung juga tidak perlu menyediakan waktu luang untuk mengajaknya berjalan-jalan keluar rumah.

Baca Juga: 5 Kelebihan yang Dimiliki Burung Beo Sebagai Hewan Peliharaan

4. Kebutuhan Makanannya Lebih Murah

Hewan burung, bahkan yang ukurannya besar, hanya makan dalam jumlah yang sangat kecil per hari dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Bahkan makanan burung dengan kualitas terbaik dan produk segar lainnya adalah makanan nabati yang harganya jauh lebih murah daripada produk kemasan protein yang dibutuhkan anjing atau kucing.

Makanan utama burung adalah pelet khusus, sementara makanan segar lainnya dapat Anda berikan sebagai cemilan.

Makanan segar juga dapat Anda berikan sebagian kecil dari yang Anda konsumsi juga. Dengan car aini, Anda tidak akan pernah menyiapkan makanan segar khusus untuk burung dan khawatir dibuang bila burung peliharaan menolaknya.

5. Sahabat Kecil Berumur Panjang

Anda tentu ingin memiliki hubungan yang baik dengan hewan peliharaan Anda, tetapi umur yang singkat hewan peliharaan selalu menjadi hambatan.

Untungnya, banyak spesies burung yang bisa berumur panjang.

Ini akan meredakan kekhawatiran orang-orang yang ingin memastikan mereka mengadopsi hewan peliharaan yang dapat tinggal bersama untuk waktu yang sangat lama.

Burung beo misalnya, bisa hidup hingga berusia puluhan tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News