HOME, Bugar

5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

MOMSMONEY.ID - Memiliki gigi sehat tentu saja menjadi impian banyak orang. Selain menambah kepercayaan diri saat berbincang dengan lawan bicara, mempunyai gigi sehat juga menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit serius.

Jika tidak dirawat dan diperhatikan kondisinya, maka gigi rusak tak terhindarkan lagi. Bahkan, ada banyak sekali kebiasaan sepele yang ternyata bisa bikin gigi rusak tanpa disadari.

Sayangnya, kerusakan gigi pada orang dewasa sering terjadi karena hal yang tidak diduga, misalnya kebiasaan sehari-hari. Nah, berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa merusak gigi.

Baca Juga: Penyebab Gigi Kuning yang Sering Dialami Banyak Orang

1. Ngemil berlebihan

Berbeda dari makan berat, aktivitas ngemil lebih sedikit memproduksi air liur dalam mulut kita. Alhasil, sisa makanan bisa mengendap di gigi selama berjam-jam dan merusak gigi.Hindari terlalu sering ngemil, apalagi makanan yang mengandung gula tinggi atau manis.

Kalaupun Anda ngidam camilan, ada baiknya mengonsumsi yang kadar gulanya rendah.

2. Mengisap lemon atau minum sari lemon
Terlepas dari berbagai manfaat baik yang dimilikinya, lemon juga mengandung cairan dengan tingkat keasaman tinggi. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menghilangkan kalsium pada permukaan gigi.

3. Menggertakkan gigi

Beberapa orang mungkin tanpa sadar sering menggertakkan gigi, biasanya saat tidur atau kedinginan. Hal ini juga sering dilakukan saat seseorang sedang merasa cemas, tertekan, atau stres.

Tahukah kamu, ternyata hal ini bisa menjadi penyebab kerusakan gigi pada orang dewasa. Kebiasaan ini bisa membuat gigi mengalami abrasi dan menjadi lebih sensitif. Menggertakkan gigi juga bisa memicu masalah pada rahang. 

4. Menindik lidah

Menindik lidah adalah tren yang tak terbantahkan lagi. Tanpa disadari, ternyata menindik lidah bisa merusak gigi. Sebab, logam yang sering bergesekan dengan gigi, bisa merusak kesehatannya.

Selain itu, menindik lidah dan menyisakan lubang kecil di sana, bisa membuat mulut Anda terpapar bakteri. Hasilnya, luka serta infeksi dapat terjadi.

5. Merokok
Selain membuat gigi menjadi kuning, merokok juga meningkatkan pembentukan plak dan tartar di gigi. Plak membawa bakteri yang dapat merusak enamel. Jika tidak dibersihkan secara rutin, plak dapat mengeras menjadi tartar. Baik plak maupun tartar dapat mengakibatkan gigi rusak dan berlubang.

 Baca Juga: Memelihara Kesehatan Mulut, Salah Satu Manfaat Buah Nanas

Selain menghentikan kebiasaan yang bisa merusak gigi dan kesehatan mulut, disarankan juga untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi. Untuk menurunkan risiko gigi rusak, biasakan untuk pergi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.

Hal ini juga bisa membantu mendeteksi kemungkinan gangguan atau masalah gigi sehingga bisa dengan cepat ditangani. 

Selanjutnya: Durian, Memiliki Senyawa untuk Melawan Infeksi Bakteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News