HOME, Bugar

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal di Usia Muda

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting untuk membuang racun dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. 

Namun sayangnya, masih banyak orang yang kurang menjaga fungsi ginjal mereka. Oleh karena itu, ketahui berbagai hal yang bisa merusak ginjal dan ganti ke kebiasaan yang lebih sehat. 

Apabila organ ini tidak berfungsi dengan baik, tentunya hal ini dapat memicu sejumlah penyakit ginjal, seperti batu ginjal dan gagal ginjal, dilansir dari Healthline.

Pola makan sehat, memenuhi kebutuhan cairan, dan rutin berolahraga adalah langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Baca Juga: 5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa merusak ginjal di usia muda yang perlu Anda ketahui: 

1. Konsumsi garam

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal pertama adalah mengurangi konsumsi garam. Makan-makanan tinggi garam juga bisa meningkatkan tekanan darah dan membahayakan ginjal. 

Bumbui masakan dengan bumbu dan rempah-rempah, bukan garam. Seiring waktu, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk menghindari penggunaan garam pada makanan. 

2. Terlalu banyak makan daging

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal di usia muda kedua adalah terlalu banyak makan daging. Jika Anda berisiko terkena gangguan ginjal, sebaiknya mulai kurangi konsumsi daging merah.

Diet rendah protein jadi salah satu langkah yang bisa Anda lakukan agar ginjal tetap sehat. Protein hewani dapat menghasilkan asam dalam jumlah tinggi.

Kondisi ini dapat menyebabkan asidosis, yakni saat cairan tubuh terlalu asam yang mengganggu fungsi ginjal. 

3. Kurang minum air putih

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal di usia muda ketiga adalah kurang minum air putih. Tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh.

Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal yang menyakitkan. 

Mereka yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan mereka.

Baca Juga: Punya Asam Urat? Sebaiknya Segera Hindari 5 Makanan Pantangan Ini

4. Sering makan makanan manis

Kebiasaan yang merusak ginjal lainnya adalah sering mengonsumsi makanan manis. Tingginya asupan gula juga mengganggu fungsi organ ginjal. 

Memperoleh asupan gula dari kue, permen, es krim, atau minuman ringan secara berlebihan tentu dapat memengaruhi berat badan Anda. 

WHO menyebutkan bahwa pada tahun 2016 terdapat lebih dari 650 juta orang dewasa di seluruh dunia mengalami obesitas. 

5. Kurang istirahat

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal di usia muda terakhir adalah kurang istirahat. Istirahat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan ternyata juga penting untuk ginjal.

Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam. 

Sebaiknya mulai menjaga makanan dan pastikan Anda berolahraga cukup selama 30 menit per hari atau 150 menit per minggu untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News