Keluarga

5 Kebiasaan Sarapan Ini Bisa Membuat Kulit Awet Muda Lho. Yuk, Terapkan!

5 Kebiasaan Sarapan Ini Bisa Membuat Kulit Awet Muda Lho. Yuk, Terapkan!

MOMSMONEY.ID - Kulit yang tampak awet muda ternyata bisa diciptakan dengan cara makan makanan yang tepat. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi tertentu dalam makanan dapat meregenerasi sel-sel kulit, mengurangi kerutan, dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang merusak.

Beberapa nutrisi dalam makanan yang memiliki manfaat tersebut di antaranya vitamin C, asam lemak omega-3, dan vitamin D.

Kebiasaan makan makanan yang tepat harus diterapkan pada setiap waktu makan termasuk sarapan. Untuk membantu menciptakan kulit yang awet muda, ikutilah 5 kebiasaan sarapan ini sebagaimana dilansir dari Eat This, Not That!.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

1. Awali dengan segelas air putih

Air putih

Sebelum minum kopi atau teh, alangkah baiknya Anda mengawali pagi hari dengan segelas air putih. Dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi, itu dapat berdampak besar pada penampilan kulit Anda.

Air putih tidak hanya bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, tetapi juga mampu mendukung elastisitas kulit. Nah, elastisitas inilah yang dapat membuat kulit tampak montok sekaligus memberinya kemampuan untuk bangkit kembali setelah diregangkan.

2. Tambahkan alpukat

Daun alpukat

Pertimbangkanlah untuk menambahkan alpukat ke dalam sandwich atau roti bakar Anda. Dikemas dengan asam lemak omega-3, alpukat dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini. Secara bersamaan, asam lemak omega-3 dalam alpukat juga dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan hidrasi kulit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam makanan bisa mengurangi risiko kanker kulit sekaligus memberikan manfaat untuk mengobati psoriasis, dermatitis atopik, dan jerawat.

3. Sarapan buah-buahan

Kiwi

Menambahkan buah ke dalam menu sarapan merupakan salah satu cara cerdas untuk mendukung kesehatan kulit seiring bertambahnya usia. Pasalnya, buah-buahan penuh dengan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Buah-buahan yang tinggi vitamin C seperti jeruk, stroberi, kiwi, melon, atau mangga patut untuk dipertimbangkan karena kadar vitamin C yang lebih tinggi di dalamnya telah dikaitkan dengan pengurangan tanda-tanda penuaan kulit. Buah-buahan tinggi vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga mampu menjaga elastisitas kulit.

4. Makan semangkuk oatmeal

Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glucan atau sejenis serat larut yang bisa meningkatkan penyembuhan kulit sekaligus membantu memperlambat proses penuaan kulit. Sebuah tinjauan pada tahun 2014 di Phytotherapy Research Review menemukan bahwa beta-glucan memberikan banyak sifat pemulihan kulit termasuk merevitalisasi sel-sel kekebalan di kulit, meregenerasi sel-sel penghasil kolagen, melawan keriput, dan memperkuat penghalang kulit untuk menghindari kerusakan lingkungan.

Guna memberikan manfaat ekstra bagi kulit, Anda bisa menambahkan beberapa butir kacang kenari atau biji rami yang kaya asam lemak omega-3 ke dalam mangkuk oatmeal Anda.

5. Konsumsi telur

Mengupas Cangkang Telur

Mengonsumsi telur di pagi hari adalah strategi yang solid untuk menjaga kulit tetap dalam kondisi prima. Telur mengandung protein berkualitas tinggi serta vitamin D yang telah terbukti mampu mendukung kesehatan kulit. Adapun kandungan vitamin D dalam makanan diklaim dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah cenderung lebih tua secara biologis daripada orang-orang yang memiliki kadar vitamin D normal. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan telur ke dalam menu sarapan Anda ya Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News