ads

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Awet Muda Lho, Yuk Terapkan!

Reporter: Ana Risma
Selasa, 07 Juni 2022 | 15:55 WIB
5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Awet Muda Lho, Yuk Terapkan!

ILUSTRASI. Terapkan 5 kebiasaan ini supaya penampilan yang awet muda semakin mudah untuk Anda raih.


MOMSMONEY.ID - Awet muda, tentu setiap orang menginginkannya. Untuk mencapai penampilan yang awet muda walaupun sudah tidak lagi muda, ada banyak hal yang bisa diterapkan misalnya melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Opsi lain untuk terlihat awet muda adalah menggunakan produk-produk anti-aging dan mempraktikkan gaya hidup sehat seperti tidur dan minum air dengan cukup, makan banyak sayuran dan buah-buahan, tidak merokok, tidak minum alkohol, olahraga secara teratur, memakai sunscreen, serta mengurangi stres.

Plus, jangan lupa juga untuk menerapkan 5 kebiasaan yang dilansir dari Shape, EatThis, dan Impress Skincare ini supaya penampilan yang awet muda semakin mudah untuk Anda raih.

Baca Juga: Pijat Payudara, Apa Manfaatnya? Simak Penjelasannya di Sini!

1. Minum white tea

Teh putih

Menurut sebuah penelitian tahun 2009, minum secangkir white tea atau teh putih setiap hari dapat membantu menciptakan penampilan yang awet muda dengan cara menghilangkan kerutan pada wajah.

Para peneliti menemukan bahwa minum white tea bermanfaat untuk membantu mencegah degradasi atau pemecahan elastin dan kolagen.

Adapun elastin dan kolagen merupakan dua protein struktural kulit yang berkontribusi pada kekencangan dan elastisitas kulit. Apabila kedua protein ini mengalami degradasi, itu dapat membuat kulit menjadi lebih mudah kendur dan dipenuhi garis-garis halus.

2. Tidur telentang

Bangun Tidur

Tidur dengan posisi wajah menempel pada bantal dapat menyebabkan sleep lines. Jika kebiasaan ini terus dipelihara selama bertahun-tahun, sleep lines pada wajah pun bisa berubah menjadi garis-garis halus permanen dan kerutan yang dalam.

Apabila Anda suka tidur dengan wajah tertekuk ke samping atau ke bawah, maka inilah saatnya bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan tersebut jika menginginkan tampilan wajah yang terlihat awet muda.

Sebagai gantinya, biasakanlah untuk tidur telentang mulai dari sekarang.

3. Sarapan oatmeal

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga dapat membantu memberi makan bakteri anti-inflamasi yang baik untuk usus Anda. Tanpa adanya bakteri ini, lonjakan kadar gula akan terjadi bersamaan dengan masalah kulit.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk memulai hari dengan semangkuk oatmeal karena oatmeal mampu memperkuat dan mengencangkan jaringan tubuh.

Berkat kandungan silikonnya yang tinggi, penelitian telah membuktikan bahwa oatmeal bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit dan membuatnya tampak awet muda.

4. Masak menggunakan olive oil

Minyak zaitun

Olive oil atau minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit dari peradangan.

Studi menunjukkan bahwa olive oil mampu membuat kulit terlihat awet muda. Hal tersebut ada hubungannya dengan fakta bahwa olive oil memiliki lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti mampu meningkatkan elastisitas kulit.

Melihat manfaatnya yang luar biasa terutama untuk kulit, yuk mulai pertimbangkan untuk memasak dengan menggunakan olive oil!

5. Latihan otak

Latihan otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association mengungkapkan bahwa latihan otak dapat mencegah penurunan kognitif dan manfaatnya bisa bertahan selama 5 tahun.

Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa program pelatihan mental yang melibatkan pemindaian otak selama 2 minggu telah terbukti mampu memperbaiki otak dan meningkatkan memori.

Nah, supaya Anda senantiasa terlihat awet muda dengan otak yang tokcer walaupun sudah berumur, pastikan untuk rutin memperkuat pikiran Anda setiap hari dengan mengerjakan teka-teki silang atau sudoku baik menggunakan buku maupun melalui aplikasi smartphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER