HOME, Keluarga

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyumbat Pori-Pori, Salah Satunya Sering Kita Lakukan

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyumbat Pori-Pori, Salah Satunya Sering Kita Lakukan

MOMSMONEY.ID - Salah satu penyebab utama kemunculan jerawat dan komedo pada wajah adalah pori-pori yang tersumbat.

Saat pori-pori kulit tidak dibersihkan dengan baik, kotoran dan sisa makeup akan berdiam diri di dalamnya dan memicu berbagai permasalahan kulit yang mengganggu.

Selain rajin double cleansing, makan makanan kaya antioksidan dan tidak berminyak, serta olahraga teratur, kulit yang sehat dan bebas dari pori-pori tersumbat juga bisa diwujudkan dengan menghindari 5 kebiasaan buruk sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Memakai makeup ketika berolahraga

Mau bagaimana pun, makeup tetaplah tidak cocok untuk dipakai ketika berolahraga. Makeup wajib dihindari jika Anda menginginkan kulit tetap bisa bernapas bebas selama Anda berolahraga.

Apabila Anda memaksakan untuk memakai makeup selama berolahraga, siap-siap saja jika pori-pori kulit Anda akan tersumbat setelahnya. Pasalnya, produk makeup akan menjebak keringat dan bakteri lebih jauh ke dalam pori-pori Anda. Akibatnya, kulit pun akan jauh dari kata sehat.

Jadi, pastikan Anda menyingkirkan segala riasan Anda sebelum berkeringat karena olahraga. Dengan begini, Anda pun tidak perlu khawatir kulit akan dihinggapi jerawat keesokan harinya.

2. Melewatkan eksfoliasi

Semahal apapun skincare Anda atau sebanyak apapun produk perawatan yang Anda gunakan, semuanya akan berakhir sia-sia jika Anda melupakan eksfoliasi. Ketika Anda melewatkan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menumpuk dan menghalangi produk skincare untuk masuk ke dalam kulit. Jika dibiarkan, kulit Anda pun tidak akan mendapatkan manfaat maksimal dari formula skincare yang Anda gunakan.

Selain berguna untuk penetrasi skincare, eksfoliasi juga sangat berguna untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Saat Anda menggunakan face scrub, tekstur scrub yang abrasif tidak hanya akan memastikan pori-pori Anda kembali bersih tetapi juga akan membuat kulit tampak lebih cerah. Oleh sebab itu, sempatkanlah untuk melakukan eksfoliasi secara rutin setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

3. Menggunakan produk comedogenic

Jika Anda abai terhadap produk kosmetik apapun yang Anda gunakan, kemungkinan besar Anda akan kecolongan menggunakan produk-produk yang bersifat comedogenic. Padahal, produk bersifat comedogenic mengandung bahan-bahan yang berpotensi memicu penyumbatan pori-pori.

Daripada kulit Anda harus mengalami berbagai permasalahan seperti komedo dan jerawat, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengganti produk kecantikan bersifat comedogenic dengan produk-produk yang memiliki label non-comedogenic. Berkebalikan dengan produk comedogenic, produk non-comedogenic terdiri dari bahan-bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda. Ketika Anda menggunakannya, maka kemungkinan munculnya komedo dan jerawat pun menjadi lebih kecil.

4. Tidur dengan seprai dan sarung bantal yang lama tidak dicuci

Anda mungkin tipe orang yang terlalu malas untuk mengganti seprai secara rutin. Namun, satu hal yang harus Anda ingat-ingat yaitu kulit Anda tidak akan memaafkan kemalasan Anda tersebut.

Ketika tidak dicuci secara rutin, kain seprai dan sarung bantal yang Anda gunakan untuk tidur dapat menjadi sarang yang baik bagi bakteri dan kuman untuk hidup dan berkembang biak. Nah, jika kulit Anda terus terpapar kain yang kotor, bakteri dan kuman yang hidup di dalamnya dapat berpindah ke kulit Anda dengan seketika. Akibatnya, kulit akan bereaksi dan pori-porinya akan tersumbat sehingga jangan heran jika komedo dan jerawat akan muncul pada wajah Anda saat Anda terbangun dari tidur.

5. Malas membersihkan ponsel

Saat ini, rata-rata orang tidak bisa terlepas dari ponsel. Kendati demikian, tidak sedikit orang yang tidak peduli dengan kebersihan ponsel mereka sehingga jarang atau bahkan tidak pernah membersihkannya. Faktanya, ponsel masuk ke dalam daftar barang-barang yang bisa menyebabkan jerawat lho.

Dikarenakan sering terpapar benda-benda lain, ponsel pun sangat mudah ditempeli debu, kotoran, hingga minyak. Saat Anda malas membersihkan ponsel kesayangan Anda, itu akan menyebabkan penumpukan kotoran dan mengundang datangnya kuman. Ketika ponsel Anda yang kotor menempel pada pipi, semua kotoran dan kuman yang ada ponsel akan berpindah ke wajah Anda dan menyebabkan pori-pori tersumbat serta memicu tumbuhnya jerawat.

Jika Anda tidak ingin kulit menjadi bermasalah akibat ponsel yang kotor, yuk bersihkan secara rutin ponsel Anda dengan tisu basah antibakteri sebelum digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News