5 Kandungan Skincare yang Baik untuk Kulit Berjerawat, Patut Dicoba!

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 25 September 2021 | 12:05 WIB
5 Kandungan Skincare yang Baik untuk Kulit Berjerawat, Patut Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit berminyak dan acne prone skin (rentan terhadap jerawat) tentu harus dirawat sebaik mungkin salah satunya dengan menggunakan skincare.

Kendati demikian, tidak semua skincare dapat digunakan secara asal oleh para pemilik kulit dengan tipe tersebut mengingat tidak semua bahan-bahan yang terkandung di dalam skincare cocok untuk kulit berminyak maupun berjerawat.

Supaya tidak keliru dan mengundang jerawat lebih banyak, inilah 5 kandungan skincare yang sebaiknya masuk ke dalam rutinitas skincare harian para pemilik kulit berjerawat dan berminyak sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Menggunakan Micellar Water

1. Salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat yang juga dikenal sebagai Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk membantu mengeringkan jerawat serta mencegah timbulnya jerawat.

Cara kerja salicylic acid dalam mengatasi jerawat ialah dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori sehingga kulit tetap terjaga kebersihannya dan kesempatan jerawat timbul di masa mendatang pun akan menurun. Untuk mendapatkan manfaat salicylic acid melalui produk skincare, Moms bisa menggunakan cleanser atau spot treatment berbasis salicylic acid dikarenakan kedua produk tersebut mampu bekerja dengan sangat baik dalam menangani kulit yang rentan berjerawat.

2. Activated charcoal

Salah satu penyebab utama jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Adapun pori-pori tersumbat dapat terjadi akibat paparan kotoran, polusi, minyak, keringat, makeup, dan kotoran lainnya.

Untuk membantu mengeluarkan kotoran yang tersumbat dari dalam pori-pori, activated charcoal atau arang aktif dapat Moms jadikan sebagai solusi. Dengan kemampuannya tersebut, activated charcoal tidak hanya mampu mencegah timbulnya jerawat, melainkan juga membantu mengatur produksi sebum berlebih untuk menciptakan tampilan wajah yang matte sepanjang hari.

3. Niacinamide

Niacinamide alias vitamin B3 mampu bekerja layaknya sulap dalam hal mencerahkan warna kulit, mengurangi bekas jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit.

Penggunaan produk skincare yang diinduksi dengan niacinamide dapat membantu mengurangi produksi melanin pada jerawat pasca-inflamasi serta mengurangi jaringan parut. Alasan lain skincare niacinamide tepat untuk dipilih oleh para pemilik kulit berjerawat ialah kemampuannya yang dapat meningkatkan respons anti-inflamasi sehingga risiko kemunculan jerawat pun akan berkurang bahkan tercegah.   

4. Retinol

Jika Moms memiliki kulit berjerawat namun belum pernah menggunakan produk sincare berbasis retinol, maka sangat disarankan bagi Moms untuk segera menggunakannya. Pasalnya, retinol dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dengan cara membersihkan pori-pori secara mendalam dan mengelupas sel-sel kulit mati.

Dengan kemampuannya tersebut, kandungan retinol juga dapat membantu produk skincare yang Moms gunakan menyerap dengan mudah dan bekerja jauh lebih baik.

5. Clay

Kandungan skincare terakhir yang sebaiknya digunakan oleh para pemilik kulit berjerawat maupun berminyak adalah clay atau tanah liat.

Clay diklaim dapat membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran lain dari kulit. Selain itu, menggunakan produk skincare yang mengandung clay juga dapat mencegah terjadinya pori-pori tersumbat sehingga kemungkinan timbulnya jerawat pun akan otomatis berkurang. Biasanya, produk skincare berbasis clay dapat Moms jumpai dengan mudah dalam bentuk masker.

Moms, itulah 5 kandungan dalam skincare yang layak untuk Moms coba jikalau kulit Moms berminyak atau berjerawat (acne prone skin). Demi keamanan, selalu ingat untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan skincare baru guna menghindari terjadinya iritasi atau kemungkinan jerawat semakin parah. Yang paling penting, jangan malas untuk membersihkan wajah hingga tuntas setelah menggunakan makeup supaya kulit Moms tidak semakin berjerawat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Skincare Lokal Mengandung Salicylic Acid untuk Menghilangkan Jerawat

 

 

Editor: Ana Risma
Terbaru