Bugar

5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Apa Saja?

5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Bisa jadi referensi Anda, kenali beberapa kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Bekas jerawat memang bikin wajah jadi tidak menarik dan menurunkan kepercayaan diri. Bekas jerawat yang cukup sering ditemukan adalah PIE dan PIH . 

Namun, masih ada cara untuk mengatasi bekas jerawat dengan pemakaian produk skincare. Jika Anda sedang mencari produk skincare, kenali dulu kandungan skincare yang dimiliki produk tersebut.

Melansir dari senka.id, berikut lima kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, yaitu: 

1. Licorice

Kandungan skincare pertama untuk menghilangkan bekas jerawat adalah licorice. Di dalam licorice, terdapat kandungan polifenol yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang mampu menyembuhkan jerawat.

Dengan adanya fungsi tersebut, wajar saja jika licorice menjadi salah satu kandungan yang juga sering dicari orang banyak untuk mengatasi masalah jerawat.

Selain itu, nggak hanya dapat menyembuhkan jerawat, kandungan vitamin E dalam licorice juga dapat membantu menghilangkan bekas kemerahan dan noda hitam pada kulit yang ditinggalkan jerawat setelah sembuh.

2. Salicylic Acid

Salicylic acid juga termasuk kandungan skincare yang bisa menghilangkan bekas jerawat. Selain terkenal sebagai kandungan untuk mengobati jerawat, ternyata Salicylic Acid merupakan kandungan alami yang dapat ditemukan secara alami juga dari kulit pohon Willow.

Selain itu, kandungan ini juga termasuk dalam jenis BHA (beta hidroksi) yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak dari kulit wajah.

Itulah Salicylic Acid bisa membantu untuk mencegah timbulnya jerawat baru, mengobati jerawat, dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

3. Vitamin C

Kemudian, kandungan skincare untuk mengatasi bekas jerawat adalah vitamin C. Alasannya karena Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang memberikan perlindungan lebih dari radikal bebas dan paparan sinar UV berlebih yang bisa memunculkan risiko kulit berjerawat.

Selain itu, ingatkan kembali untuk tidak menggunakannya bersamaan dengan retinol, ya. Karena Retinol dan vitamin C sejatinya bekerja pada lingkungan pH yang berbeda.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Perawatan Rumahan, Coba yuk

4. Niacinamide

Anda mungkin sudah sering mendengar kandungan skincare ini, yaitu niacinamide. Niacinamide atau niasin adalah turunan dari bentuk vitamin B3 yang dikenal memiliki manfaat untuk membantu melembapkan kulit, mengobati jerawat, mencerahkan dan membantu menghilangkan bekas noda jerawat.

Perlu diingat, ketika menggunakan skincare berbahan Niacinamide, sebaiknya tidak digunakan berbarengan atau layering dengan vitamin C. Karena sejumlah ahli berpendapat bahwa keefektifan masing-masing zat aktif akan berkurang apabila dipakai bersamaan.

5. Retinol

Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah retinol. Kandungan skincare ini mampu mencegah keriput, garis-garis halus, mengobati jerawat, menyamarkan noda/flek hitam, hingga menghambat tanda-tanda penuaan dini.

Namun, yang perlu diperhatikan ketika menggunakan Retinol untuk jangan sampai menggunakannya bersamaan dengan Vitamin C. Karena ketika kandungan asam bertemu dengan vitamin, justru bisa menghambat atau bahkan menghilangkan fungsi dari keduanya.

Alih-alih mencegah dan mengobati jerawat, skincare yang digunakan malah tidak berfungsi maksimal. 

Itulah lima kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, pilihlah kandungan skincare yang sesuai dengan kondisi wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News