Bugar

5 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat, Perlu Dicoba!

5 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat, Perlu Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Tidak perlu bingung, inilah beberapa kandungan skincare untuk mengatasi bekas jerawat dengan tepat. Bekas jerawat memang bikin wajah jadi tidak menarik dan menurunkan kepercayaan diri. Bekas jerawat yang cukup sering ditemukan adalah PIE dan PIH . 

Namun, masih ada cara untuk mengatasi bekas jerawat dengan pemakaian produk skincare. Jika Anda sedang mencari produk skincare, kenali dulu kandungan skincare yang dimiliki produk tersebut.

Melansir dari senka.id, berikut lima kandungan skincare untuk mengatasi bekas jerawat : 

1. Vitamin C

Kandungan skincare pertama untuk mengatasi bekas jerawat adalah vitamin C. Alasannya karena Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang memberikan perlindungan lebih dari radikal bebas dan paparan sinar UV berlebih yang bisa memunculkan risiko kulit berjerawat.

Selain itu, ingatkan kembali untuk tidak menggunakannya bersamaan dengan retinol, ya. Karena Retinol dan vitamin C sejatinya bekerja pada lingkungan pH yang berbeda.

2. Niacinamide

Anda mungkin sudah sering mendengar kandungan skincare ini, yaitu Niacinamide. Niacinamide atau niasin adalah turunan dari bentuk vitamin B3 yang dikenal memiliki manfaat untuk membantu melembapkan kulit, mengobati jerawat, mencerahkan dan membantu menghilangkan bekas noda jerawat.

Perlu diingat, ketika menggunakan skincare berbahan Niacinamide, sebaiknya tidak digunakan berbarengan atau layering dengan vitamin C. Karena sejumlah ahli berpendapat bahwa keefektifan masing-masing zat aktif akan berkurang apabila dipakai bersamaan.

Baca Juga: Promo Tiket.com Hotel, Vila, dan Apartemen Domestik dengan Diskon hingga 20%

3. Retinol

Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah retinol. Kandungan skincare ini mampu mencegah keriput, garis-garis halus, mengobati jerawat, menyamarkan noda/flek hitam, hingga menghambat tanda-tanda penuaan dini.

Namun, yang perlu diperhatikan ketika menggunakan Retinol untuk jangan sampai menggunakannya bersamaan dengan Vitamin C. Karena ketika kandungan asam bertemu dengan vitamin, justru bisa menghambat atau bahkan menghilangkan fungsi dari keduanya.

Alih-alih mencegah dan mengobati jerawat, skincare yang digunakan malah tidak berfungsi maksimal. 

4. Green Tea

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan green tea untuk mengatasi bekas jerawat. Green tea memiliki mengandung sifat anti-inflamasi dan anti mikroba, yang berfungsi sebagai antibiotik, dan anti peradangan sekaligus. Sehingga, mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, antioksidan di dalam green tea atau teh hijau juga mampu menyembuhkan bekas luka dan bekas yang ditinggalkan jerawat, seperti bopeng, kehitaman, atau kemerahan. Wajar saja jika teh hijau sering kali digunakan sebagai bahan untuk beragam skincare.

5. AHA

Kandungan skincare untuk mengatasi bekas jerawat lainnya adalah AHA. AHA atau (Alpha Hydrocy Acids) dikenal memiliki beberapa manfaat untuk kulit seperti, menghidrasi kulit dan mengontrol kadar minyak pada kulit.

Selain itu, kandungan ini juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati dan dapat menampilkan sel kulit yang sehat agar membantu menghilangkan bekas jerawat. Karena fungsi dari AHA ialah membantu menstimulasi pembentukan sel-sel kulit baru.

Sehingga, mencegah adanya pertumbuhan jerawat yang disebabkan penumpukan kotoran akibat pori-pori tersumbat. 

Itulah lima kandungan skincare untuk mengatasi bekas jerawat, pilihlah kandungan skincare yang sesuai dengan kondisi wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News