Bugar

5 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah, Mana Favoritmu?

5 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah, Mana Favoritmu?

MOMSMONEY.ID - Bisa jadi referensi pilihan produk skincare, berikut beberapa kandungan skincare untuk mencerahkan kulit wajah. 

Kini, semakin banyak skincare yang dijual di pasaran, sehingga Anda perlu memilih produk yang tepat buat wajah.

Pilihlah produk skincare yang sesuai dengan kondisi dan masalah jenis Anda. Agar tidak salah pilih, simak lima kandungan skincare untuk mencerahkan kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu:

1. Glycolic acid

Kandungan skincare pertama untuk mencerahkan kulit adalah glycolic acid. Kandungan ini bekerja mencerahkan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati dan residu yang menyumbat pori-pori kulit.

Jika Anda merasa cara kerja glycolic acid seperti AHA, maka Anda tidak salah karena kandungan ini memang merupakan turunan dari senyawa AHA itu sendiri.

Selain mencerahkan, glycolic acid juga dapat mengurangi garis halus yang muncul pada kulit wajah. Sehingga, jika Anda memiliki keluhan garis wajah yang mulai muncul dan kulit kusam, maka glycolic acid adalah kandungan yang tepat untuk Anda. 

Baca Juga: Promo PegiPegi 1-31 Mei 2023, Dapatkan Harga Hotel Mulai Rp 50.000-an

2. Vitamin C

Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah selanjutnya adalah vitamin C. Sudah sejak lama vitamin C dikenal ampuh mencerahkan kulit wajah. 

Kandungan ini  identik dengan manfaatnya yang dapat memudarkan noda hitam hingga hiperpigmentasi kulit.

Bahkan, dikutip dari National Institute of Health, vitamin C dapat mencegah efek buruk dari photoaging, yaitu dampak buruk sinar matahari penyebab penuaan kulit.

Itulah alasan vitamin C, yang juga merupakan anti oksidan, tidak hanya diketahui baik untuk mencerahkan warna kulit, namun juga sebagai agen anti aging dan mengencangkan wajah.

3. Licorice

Kemudian, Anda bisa menggunakan kandungan licorice untuk mencerahkan kulit. Ekstrak licorice didapatkan dari akar tumbuhan yang memiliki nama latin Glycyrrhiza glabra.

Sebagai kandungan yang digunakan di bidang beauty, ekstrak licorice dikenal bermanfaat untuk meredakan peradangan/ inflamasi. Itulah alasan ekstrak licorice juga digunakan sebagai salah satu obat untuk eczema. 

Selain meredakan inflamasi dan kemerahan, licorice juga dapat mencerahkan kulit wajah karena memiliki kandungan liquiritin yang dapat mengurangi melanin pada kulit.

Anda sudah memahami bahwa melanin adalah pigmen penyebab warna kulit lebih gelap, sehingga liquiritin dapat mencerahkan kulit.

Dengan kata lain, manfaat licorice juga dapat menghambat terbentuknya dark spot atau noda hitam di wajah sekaligus menyamarkannya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Serial Komedi Netflix

4. Kojic Acid

Berikutnya, kandungan kojic acid juga bisa bisa untuk mencerahkan kulit. Dilansir dari medicalnews.com, kojic acid bekerja untuk mencerahkan wajah dengan cara menghambat pembentukan enzim tyrosine yang memproduksi melanin.

Melanin sendiri merupakan pigmen yang menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap. Sehingga dengan penghambatan enzim tyrosine ini, maka produksi melanin juga akan terhambat. 

Kojic acid sendiri, mengutip dari healthline.com, membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk memperlihatkan hasilnya.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan kojic acid, Anda harus menunggu setidaknya 2 minggu dahulu sebelum benar-benar memutuskan apakah kojic acid tepat untuk mencerahkan kulit Anda. 

5. Niacinamide

Kandungan skincare untuk mencerahkan kulit lainnya adalah niacinamide. Hal spesial dari niacinamide adalah selain dapat membuat kulit lebih cerah dengan pemakaian rutin, yaitu dapat meredakan jerawat.

Lebih jauh lagi, niacinamide dapat membantu kulit membentuk protein dan mengunci kelembaban sehingga dapat dikatakan kandungan ini merupakan multi fungsi yang cocok digunakan untuk Anda jika memiliki beberapa masalah kulit sekaligus.

Itulah beberapa kandungan skincare untuk mencerahkan kulit yang bisa jadi pilihan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News