Bugar

5 Kandungan Skincare untuk Melembabkan Kulit Kering, Cobain Yuk!

5 Kandungan Skincare untuk Melembabkan Kulit Kering, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Bagi pemilik kulit kering, Anda harus tahu beberapa kandungan skincare untuk melembabkan kulit kering. Jenis kulit ini sangat membutuhkan kelembaban lebih supaya kulit tetap sehat dan kenyal. 

Kandungan skincare yang ada di bawah ini bisa menjadi referensi Anda saat menentukan produk skincare yang akan digunakan.

Lebih jelasnya, berikut lima kandungan skincare untuk melembabkan kulit kering dilansir dari senka.id

1. Shea Butter

Kandungan skincare pertama untuk melembabkan kulit kering adalah shea butter. Hal ini dikarenakan shea butter mengandung asam lemak, seperti linoleat, oleat, strearat, dan palmitat, yang cepat meresap di kulit dan tidak licin saat diaplikasikan. Sehingga, kulit jadi tetap segar dan tidak berminyak.

Baca Juga: Inilah 5 Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Puasa, Apa Saja?

2. Glycerin 

Kandungan skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah glycerin. Bersifat humektan dan emolien, kandungan aktif yang berasal dari tumbuhan ini memiliki kemampuan menjebak sekaligus menarik air ke lapisan kulit. Sehingga, kelembapan dan tekstur kulit terjaga akibat tidak adanya air yang menguap. 

Mengingat kemampuannya dalam menghidrasi dan mencegah iritasi, tidak heran lagi kalau glycerin hampir digunakan pada semua produk perawatan kulit. Kandungan ini cocok digunakan untuk pemilik kulit kering.

3. Ceramide

Kemudian, kandungan ceramide pada produk skincare juga cocok untuk kulit kering. Anda membutuhkan kandungan skincare yang mampu mengunci kelembapan.

Mengingat perannya dalam mengikat sel kulit agar skin barrier dapat berfungsi optimal, ceramide bisa Anda jadikan hero ingredients agar kulit kering Anda terhindar dari iritasi.

Baca Juga: Dapatkan Gratis Fragrance Kit Liburan, Pesan Daytrans Shuttle di PegiPegi Sekarang

4. Hyaluronic Acid

Kandungan skincare berikutnya adalah hyaluronic acid. Dalam hal melembapkan kulit, nggak ada yang bisa mengalahkan kepopuleran asam hialuronat atau Hyaluronic Acid.

Bahan skincare yang populer dalam beberapa tahun belakangan ini kerap dikenal mampu menahan beban hingga 1000 kali beratnya sendiri di air (humektan).

Sehingga, saat hyaluronic acid dioleskan pada wajah, lapisan kulit seketika lembap dan terhidrasi di saat yang bersamaan, sehingga garis penuaan, seperti tampilan garis halus dan kerutan tersamarkan.

5. Petrolatum 

Kandungan skincare untuk melembabkan kulit kering lainnya adalah petrolatum atau petroleum jelly. Kandungan skincare ini bermanfaat untuk melembabkan kulit yang sudah populer dari zaman dulu dimana bersifat oklusif, mengurangi jumlah air hingga 98% agar terhidrasi.

Petrolatum kurang cocok digunakan bagi pemilik kulit berminyak karena comedogenic dan teksturnya yang berat cenderung menyumbat pori-pori.

Namun, bagi pemilik kulit kering, ini cocok dijadikan kandungan esensial yang Anda butuhkan karena dapat menjaga kelembapan, terutama saat kulit pecah-pecah dan iritasi.

Nah, itulah beberapa kandungan skincare untuk melembabkan kulit kering. Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung lima bahan aktif tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News