Keluarga

5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Setiap Jenis Kulit, Cari Tahu Yuk!

5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Setiap Jenis Kulit, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 kandungan skincare terbaik untuk setiap jenis kulit yang harus Anda ketahui.

Berbeda jenis kulit, maka berbeda pula perawatannya. Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang abai dan menggunakan skincare dengan kandungan yang tidak sesuai jenis kulit. Misal, mengaplikasikan produk khusus kulit berminyak pada kulit kering.

Padahal, menggunakan kandungan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit seperti komedo, jerawat, hingga iritasi.

Lalu, apa saja sih kandungan skincare yang cocok untuk masing-masing jenis kulit? Sebagaimana dilansir dari Greatist, berikut 5 kandungan skincare terbaik untuk setiap jenis kulit.

Baca Juga: Sebelum Declutter Baju, Kenali Masalah yang Akan Anda Temui

1. Kulit acne-prone dan berminyak

Kandungan skincare terbaik untuk jenis kulit acne-prone dan berminyak adalah salicylic acid. Salicylic acid dapat bekerja di dalam pori-pori untuk melonggarkan sumbatan minyak dan membunuh bakteri jerawat. Ini berkat sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang ada di dalamnya.

Dengan melawan kuman penyebab jerawat dan mengurangi peradangan yang timbul akibat pori-pori tersumbat, salicylic acid akan membantu membersihkan kulit tanpa menambah kilap atau minyak.

Salicylic acid sangat ideal bagi orang-orang yang berjerawat dan ingin membersihkan komedo hitam maupun putih. Kendati demikian, pastikan untuk menggunakan salicylic acid secukupnya karena bisa menyebabkan perih ringan dan iritasi kulit jika dipakai secara berlebihan.

2. Kulit berminyak

Kandungan skincare terbaik untuk jenis kulit berminyak adalah Beta Hydroxy Acid atau BHA. Jika Anda tidak bermasalah dengan jerawat melainkan kulit berminyak, gunakanlah BHA alih-alih salicylic acid.

Meskipun bisa bekerja untuk mengatasi jerawat, namun BHA tergolong paling baik dalam mengurangi minyak.

Asam ini sedikit lebih ringan dan dapat ditemukan dalam berbagai produk mulai dari face scrub hingga moisturizer.

3. Kulit sensitif

Kandungan skincare terbaik untuk jenis kulit sensitif adalah oatmeal. Banyak ditemukan dalam produk yang dirancang untuk kulit sensitif atau kondisi kulit seperti eksim, oatmeal mampu memberikan kelembaban pada kulit guna menghilangkan kekeringan dan meningkatkan penyembuhan.

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, oatmeal juga dapat menenangkan sensasi menyengat dan gatal yang sering terjadi pada kulit sensitif.

Kandungan oatmeal bisa Anda jumpai dalam produk face wash, toner, hingga moisturizer.

Baca Juga: 5 Kesalahan Mandi yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung, Hindari Ya!

4. Kulit kering

Kandungan skincare terbaik untuk jenis kulit kering adalah madu. Komposisi madu dianggap sebagai humektan yang efektif untuk menarik kelembaban sekaligus menguncinya di dalam kulit.

The Central Asian Journal of Global Health menemukan bahwa madu juga memiliki sifat antimikroba yang kuat serta dapat membantu memodulasi sistem kekebalan kulit.

5. Kulit kombinasi

Kandungan skincare terbaik untuk jenis kulit kombinasi adalah hyaluronic acid. Menemukan kandungan skincare yang tidak mengeringkan kulit atau menyumbat pori-pori bisa jadi hal yang sulit bagi para pemilik kulit kombinasi. Kabar baiknya, hyaluronic acid memiliki kemampuan tersebut.

Hyaluronic acid dapat melembabkan kulit dan menghaluskan garis-garis halus tanpa terasa berminyak.

Menariknya, hyaluronic acid mampu melawan sifat berminyak dan kering pada kulit secara bersamaan.

Itulah 5 kandungan skincare terbaik untuk setiap jenis kulit yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dicatat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News