Keluarga

5 Kandungan Sabun Wajah yang Baik untuk Kulit Kering, Sudah Tahu?

5 Kandungan Sabun Wajah yang Baik untuk Kulit Kering, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Jangan keliru, ini 5 kandungan sabun wajah yang baik untuk kulit kering.

Pada dasarnya, kulit kering disebabkan oleh rendahnya kadar sebum di kulit. Ketika kelenjar sebaceous tidak aktif, itu akan menghasilkan lebih sedikit minyak dan mengeringkan kulit.

Oleh sebab itu, para pemilik kulit kering sangat disarankan untuk menghindari produk skincare dengan formula mengeringkan yang biasa ditemukan dalam produk perawatan kulit berminyak. Hal ini pun berlaku untuk sabun wajah.

Melansir BeBeautiful, ada 5 kandungan sabun wajah yang baik untuk kulit kering. Apa saja? Berikut daftarnya:

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Anak Tetap Aman Saat Bermain Media Sosial

1. Hyaluronic acid

Hyaluronic acid adalah bahan perawatan kulit yang solid. Termasuk humektan yang hebat, hyaluronic acid mampu menarik kelembaban dari atmosfer dan menguncinya ke dalam kulit.

Hyaluronic acid memiliki retensi air yang besar. Sehingga, bagus untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, bersih, dan tidak kering setelah mencuci muka.

2. Glycerin

Mirip dengan hyaluronic acid, glycerin juga termasuk humektan. Glycerin mampu menyeimbangkan kulit yang mengalami dehidrasi tanpa membuatnya terasa berminyak.

Pada dasarnya, glycerin dapat memperkuat pelindung kelembaban kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan melindungi kulit dari iritasi lingkungan. Plus, glycerin bersifat non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori.

3. Ceramide

Selain memiliki manfaat anti-aging, ceramide juga sangat menghidrasi kulit. Dengan menciptakan penghalang untuk mencegah permeabilitas, ceramide dapat mengunci kelembaban ke dalam kulit untuk membantu mencegah kekeringan, iritasi, dan kerusakan akibat lingkungan.

Ketika dimasukkan dalam sabun wajah, ceramide bisa memperkuat skin barrier dan mencegah kehilangan air yang biasa terjadi pada kulit setelah mencuci muka.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Postingan Rekomendasi Instagram yang Sering Muncul di Beranda

4. Niacinamide

Terkenal dengan kemampuannya dalam mencerahkan, niacinamide juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan memperkuat fungsi pelindung kulit yang kemudian membantu mengurangi kekeringan.

Niacinamide bekerja dengan meningkatkan lipid alami yang ditemukan di permukaan kulit sekaligus mengurangi kehilangan air.

5. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya memiliki sifat menyembuhkan dan menghidrasi. Mampu memberikan kelembaban yang cukup, aloe vera merupakan pilihan ideal untuk kulit kering.

Terlepas dari sifat menghidrasinya yang intens, aloe vera juga memiliki sifat yang menenangkan dan melembutkan. Jadi, pilihlah sabun wajah berbasis aloe vera jika Anda memiliki masalah kulit kering, mengelupas, sensitif, dan gatal secara bersamaan.

Itulah 5 kandungan sabun wajah yang baik untuk kulit kering. Selain mempertimbangkan kelima bahan di atas, jangan lupa juga untuk memilih sabun wajah yang mampu menyeimbangkan ph alami kulit ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News