CLOSE [X]
ads

5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 07 Januari 2022 | 09:18 WIB
5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat


MOMSMONEY.ID - Kandungan gizi dalam Makanan sehat memang memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Berbagai macam manfaatnya tidak bisa kita sepelekan.

Mulai dari menurangi risiko penyakit jantung, menghindari diabetes dan obesitas, meningkatkan kualitas otak sampai membuat hidup lebih baik dan terhindar dari depresi.  

Tapi tidak lengkap jika hanya mengetahui manfaat mengonsumsi makanan sehat saja tanpa tahu sebenarnya kandungan dalam makanan sehat itu apa saja.

Makanan bisa dikatakan sehat jika mengandung unsur-unsur atau kandungan yang dipercaya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan, dikutip dari Medical News Today.

Di Indonesia, konsep makanan sehat dan bergizi merujuk pada “makanan 4 sehat 5 sempurna”.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Segera Lakukan 5 Hal Ini Setelah Menikah

Namun, konsep tersebut sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke konsep “panduan gizi seimbang ” yang lebih menekankan untuk menjaga asupan porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Dirangkum dari Medical News Today dan Mayo Clinic, berikut 5 kandungan gizi dalam makanan sehat ini yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Karbohidrat

Kandungan gizi dalam makanan sehat yang pertama adalah karbohidrat. Kandungan karbohidrat adalah sumber energi utama manusia.

Asupan karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan, seperti beras merah, gandum, jagung, ubi, maupun kentang. 

Fungsi karbohidrat selain sumber utama energi juga untuk membatas asupan kalori yang masuk dalam tubuh, menjaga massa otot, menjaga kesehatan pencernaan, dan memberikan kekenyangan lebih lama. 

2. Protein

Kandungan gizi dalam makanan sehat yang kedua adalah protein. Dalam tubuh, protein akan diproses menjadi asam amino, yang bertugas membangun otot, organ tubuh, kulit, dan rambut. Selain itu, fungsi hormon juga diatur oleh protein.

Penting untuk memenuhi kebutuhan protein 10-15% dari asupan kalori harian. Sumber protein yang dapat dikonsumsi sangat beragam, baik nabati maupun hewani.

Rekomendasi makanan sehat tinggi protein yang bisa dikonsumsi adalah telur, kacang almond, daging ayam, ikan, bebek, gandum, dan kacang kedelai. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER