HOME, Keluarga

5 Kacang-Kacangan Ini Bagus untuk Menjaga Kecantikan Kulit Lho, Yuk Coba!

5 Kacang-Kacangan Ini Bagus untuk Menjaga Kecantikan Kulit Lho, Yuk Coba!

MOMSMONEY.ID - Kacang mengandung beragam vitamin, mineral, antioksidan, beban glikemik rendah, kandungan serat, susunan protein, dan profil lemak yang sehat.

Sebagai sumber lemak yang sehat, kacang-kacangan jauh lebih baik untuk dijadikan camilan dibandingkan keripik kentang, biskuit, permen, dan sebagainya.

Pada dasarnya, kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, di antara banyaknya varian kacang-kacangan yang ada, terdapat beberapa macam kacang yang dinilai lebih baik dalam hal merawat kulit sekaligus memberikan efek anti-aging.

Melansir Eatthis.com, inilah 5 kacang-kacangan yang terbukti bagus untuk menjaga kecantikan kulit serta patut untuk dikonsumsi dengan lebih sering.

Baca Juga: Mengenal 5 Manfaat Vitamin B untuk Perawatan Kulit

1. Almond

Kacang Almond

Almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik untuk tubuh serta dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu, almond juga dapat mempertahankan kelembaban kulit dan membantu memperbaiki jaringan kulit. Jadi, tidak heran jika rutin mengonsumsi almond akan membuat kulit Anda sehat, bercahaya, dan tampak lebih muda.

2. Kenari

Kacang kenari

Para ahli mengatakan bahwa kenari atau walnut mengandung asam lemak omega-3 dan anti-inflamasi yang dapat menjaga kulit tetap bersinar sekaligus memperkuat membran kulit.

Adapun kandungan polifenol dalam kenari memiliki bioaktivitas antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi serta berdampak positif untuk membantu melawan perkembangan penyakit termasuk kanker, kardiovaskular, hingga penyakit neurodegeneratif.

3. Pistachio

Pistachio

Pistachio memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi. Polifenol dan flavonoid sendiri merupakan kontributor penting dari efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, mengonsumsi pistachio dapat membantu mengurangi jerawat serta melindungi kulit Anda dari kerusakan sel. Pada gilirannya, kulit pun akan terjaga kemulusan sekaligus keremajaannya.

4. Kacang mete

Kacang Mete

Biji kacang mete mentah diklaim memiliki tingkat senyawa bioaktif tertentu yang cukup tinggi. Tak sekadar itu, kacang mete juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, pitosterol, dan serat yang banyak.

Selain bermanfaat untuk kulit, kacang mete juga memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kematian serta menurunkan risiko sindrom metabolik dan diabetes. Plus, kacang mete dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan kepadatan mineral tulang, menurut penelitian.

5. Kacang Brazil

Kacang Brazil

Sarat dengan asam lemak omega-3 dan selenium, kacang Brazil dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mengurangi peradangan yang berkaitan dengan jerawat.

Tak sampai di situ, kacang Brazil juga mengandung glutathione yang bermanfaat untuk memastikan regenerasi kulit, meningkatkan elastisitas, dan bahkan mencegah keriput.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News