HOME, Bugar

5 Jus yang Bisa Menghilangkan Nyeri Sendi dan Asam Urat

5 Jus yang Bisa Menghilangkan Nyeri Sendi dan Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Nyeri sendi adalah ketidaknyamanan dan nyeri yang dirasakan di salah satu bagian sendi tubuh. Kondisi ini merupakan gejala umum adanya cedera atau penyakit tertentu, seperti arthritis dan asam urat. 

Selain minum obat, ada beberapa buah atau jus yang dapat menjadi penghilang nyeri sendi yang bisa Anda coba untuk meringankan gejalanya. 

Agar tidak kembali kambuh, penderita asam urat perlu menjaga kadar asam urat tetap normal. Caranya, menghindari makanan yang mengandung purin dan sebaliknya meningkatkan pilihan makanan sehat untuk asam urat, seperti buah-buahan.

Berikut pilihan buah-buahan yang aman untuk orang dengan radang sendi akibat kadar asam urat yang tinggi.

Baca Juga: Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu

1. Jus ceri 

Sama halnya dengan manggis, ceri juga diketahui memiliki efek anti-inflamasi yang bisa mengatasi peradangan. Ceri juga direkomendasikan sebagai jus untuk nyeri lutut dan sendi karena kandungan antioksidan yang dimiliki.

Penelitian dalam jurnal Osteoarthritis Cartilage menyatakan bahwa jus ceri mampu meredakan nyeri lutut pada pasien osteoarthritis. Lebih dari itu, jus ceri juga berkhasiat mengendalikan asam urat dan nyeri arthritis.

2. Jus seledri

Mungkin Anda pernah mendengar manfaat jus seledri untuk asam urat. Bukan tanpa alasan, manfaat jus seledri ini datang dari kandungan fitonutrien yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Kedua sifat ini dikenal luas dalam mengatasi peradangan termasuk pada penderita radang sendi (artritis)  dan osteoartritis. Untuk membuat jus seledri sebagai salah satu cara mengurangi gejala nyeri sendi. 

Anda membutuhkan batang seledri yang cukup besar. Bukan seledri yang biasa digunakan untuk memasak sayur sup.

3. Jus delima 

Delima memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan senyawa polifenol yang bersifat antioksidan. Kedua efek inilah yang berpotensi mengurangi peradangan pada orang yang memiliki rheumatoid arthritis.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi ekstrak buah delima 2 kali sehari mampu mengurangi intensitas nyeri sendi dan pembengkakan.

4. Jus manggis 

Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal menyatakan bahwa manggis atau Garcinia mangostana memiliki efek anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada orang dengan obesitas atau kegemukan.

Obesitas sendiri diketahui sebagai salah satu pemicu gangguan metabolik, seperti diabetes yang bisa memperparah kondisi nyeri sendi. 

5. Jus lemon 

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lemon juga diketahui memiliki efek positif bagi penderita arthritis dan asam urat. Lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu meredakan radang penyebab nyeri sendi. 

Ada beragam cara untuk menikmati minuman lemon. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau menggunakan perasan air lemon.Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa asam.

Baca Juga: Daftar Makanan Rendah dan Tinggi Purin yang Perlu Disimak Penderita Asam Urat

Selain pengobatan medis yang disarankan dokter, Anda juga bisa mencoba ragam pilihan jus penghilang nyeri sendi dari bahan-bahan alami. Kandungan nutrisi dan senyawa alami di dalamnya bisa membantu meringankan nyeri pada persendian dan membuat Anda lebih sehat. 

Selanjutnya: Konsumsi Bayam Merah untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News