5 Jus yang Bermanfaat untuk Membantu Memperlambat Proses Penuaan, Mau Coba?

Reporter: Ana Risma
Kamis, 24 November 2022 | 20:02 WIB
5 Jus yang Bermanfaat untuk Membantu Memperlambat Proses Penuaan, Mau Coba?

ILUSTRASI. 5 Jus yang Bermanfaat untuk Membantu Memperlambat Proses Penuaan.


MOMSMONEY.ID - Apa saja jus yang bermanfaat untuk membantu memperlambat proses penuaan? Ini daftarnya!

Jus dapat menjadi cara yang nikmat untuk mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari banyaknya varian jus yang ada, terdapat beberapa yang mampu membantu memperlambat proses penuaan dan membantu tubuh saat mengalami perubahan terkait usia.

Bisa Anda coba, berikut 5 jus yang bermanfaat untuk membantu memperlambat proses penuaan sebagaimana dilansir dari Eat This, Not That.

Baca Juga: Punya Masalah Bau Badan? 4 Makanan Ini Berkhasiat untuk Membantu Mengatasi Bau Badan

1. Jus wortel

Jus wortel

Jus wortel mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan seiring bertambahnya usia.

Salah satu antioksidan dalam jus wortel yakni lutein diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan otak.

Dalam jus wortel, ada juga antioksidan bernama beta-karoten. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, beta-karoten memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi risiko kanker prostat pada pria yang lebih muda.

2. Jus delima

Jus delima

Setelah usia 50 tahun, sel-sel akan mulai kesulitan mendaur ulang mitokondria yang berdampak langsung pada kekuatan otot. Saat tubuh tidak dapat mendaur ulang mitokondria dengan cukup cepat, mitokondria akan menumpuk dan meningkatkan risiko penyakit serius seperti parkinson.

Kabar baiknya, jus delima memiliki senyawa bernama urolithin A yang bisa membantu menjaga proses mitokondria tetap sehat.

Namun, jus delima mungkin tidak akan berpengaruh banyak pada individu yang flora usus-nya tidak dapat mengubah senyawa tersebut.

3. Jus pink grapefruit

Jus pink grapefruit

Jus pink grapefruit atau jeruk bali merah mengandung karotenoid yang disebut likopen. Likopen yang juga ditemukan dalam tomat dan semangka memiliki banyak manfaat kesehatan dan diklaim dapat memperbaiki penampilan kulit.

Penelitian yang dipublikasikan di Food Science & Nutrition menemukan bahwa likopen memiliki efek meremajakan kulit pada peserta paruh baya dalam penelitian tersebut.

Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa likopen mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mendukung kesehatan jantung seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 7 Kandungan Lipstik yang Sebaiknya Dihindari, Bisa Membahayakan Kesehatan!

4. Jus buah bit

Buah bit

Jus buah bit termasuk minuman yang ampuh untuk membantu memperlambat proses penuaan.

Sebuah studi dari Redox Biology menemukan bahwa peserta yang minum jus buah bit memiliki lebih banyak jenis bakteri tertentu yang bermanfaat untuk membantu kesehatan kognitif dan pembuluh darah daripada peserta yang minum minuman plasebo. Peserta tersebut juga menunjukkan penurunan tingkat tekanan darah setelah minum jus buah bit.

Hasil tersebut disebabkan oleh tingginya konsentrasi nitrat dalam buah bit yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sekaligus meningkatkan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

5. Jus rumput gandum

Jus rumput gandum

Jus rumput gandum atau wheatgrass memang tidak enak. Tetapi, jus ini menyimpan manfaat kesehatan dan sifat anti-aging.

Rumput gandum sendiri mengandung klorofil yang sangat tinggi. Saat dikonsumsi, klorofil dapat membantu menurunkan risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan pada orang dewasa yang lebih tua.

Klorofil juga dikenal memiliki sifat kemoprotektif yang mampu melindungi tubuh dari efek samping kemoterapi dan mengurangi bioavailabilitas karsinogen dalam tubuh.

Itulah 5 jus yang bermanfaat untuk membantu memperlambat proses penuaan.

 

Selanjutnya: Obligasi Masih Diminati, Indeks Obligasi Menyentuh Level Tertinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER