Keluarga

5 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Teh menjadi salah satu minuman paling populer di berbagai belahan dunia. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, semerbak aroma teh yang khas juga mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya.

Di antara sekian banyak jenis teh yang ada, terdapat beberapa jenis teh yang menurut penelitian mampu membantu meningkatkan penurunan berat badan sekaligus melawan lemak perut. Apakah Anda sedang menjalani program menurunkan berat badan dan tertarik untuk mulai minum teh penurun berat badan secara rutin?

Sebagaimana dilansir dari Healthline dan Women’s Health, inilah 5 teh yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 5 Teh yang Bermanfaat untuk Detox Tubuh, Tertarik Mencoba?

1. Teh oolong

Teh pertama yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan adalah teh oolong. Teh oolong merupakan teh tradisional Tiongkok yang telah dioksidasi sebagian.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh oolong dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme. Dalam sebuah penelitian, sebanyak 102 orang penderita obesitas yang telah minum teh oolong setiap hari selama 6 minggu mengalami pengurangan berat badan sekaligus lemak tubuh.

Studi lain mengungkapkan bahwa teh oolong mampu meningkatkan pengeluaran energi sebesar 2,9% dibandingkan air. Adapun angka tersebut setara dengan membakar tambahan 281 kalori per hari.

2. Teh putih

Teh kedua yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan adalah teh putih atau white tea. Di antara jenis teh lainnya, teh putih mengalami proses yang minim dan dipanen saat tanaman teh masih muda. Ciri khas lain dari teh putih yaitu rasanya yang lembut dan sedikit manis.

Studi menunjukkan bahwa teh putih memiliki jumlah katekin yang sebanding dengan teh hijau serta dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Satu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh putih mampu meningkatkan pemecahan sel-sel lemak sekaligus mencegah pembentukan sel lemak yang baru.

Kendati demikian, studi lebih lanjut diperlukan guna mengonfirmasi potensi efek menguntungkan dari teh putih dalam hal menghilangkan lemak.

3. Teh hijau

Teh ketiga yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan adalah teh hijau atau green tea. Teh hijau termasuk salah satu jenis teh yang paling terkenal dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Ada bukti substansial yang menghubungkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh. Dalam satu studi pada tahun 2008, sekitar 60 orang berbadan gemuk mengikuti diet standar selama 12 minggu seraya minum teh hijau atau plasebo secara teratur. Hasilnya adalah orang-orang yang rutin minum teh hijau kehilangan berat badan sebanyak 7,3 pon atau 3,3 kg lebih banyak daripada kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang yang signifikan. Kemungkinan besar, manfaat tersebut diperoleh berkat kandungan katekin yang sangat tinggi dalam ekstrak teh hijau. Katekin sendiri merupakan antioksidan alami yang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

4. Teh rooibos

Teh keempat yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan adalah teh rooibos. Teh rooibos merupakan jenis teh herbal yang tumbuh di Afrika Selatan.

Sebuah tinjauan di jurnal Planta Medica menyimpulkan bahwa kandungan aspalathin dalam dalam teh rooibos berpotensi meningkatkan metabolisme gula dan lemak.

Anda dapat mengonsumsi senyawa tersebut dengan meminum teh rooibos atau mengonsumsi ekstrak rooibos hijau yang mengandung aspalathin berkonsentrasi tinggi. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi efek teh rooibos.

5. Teh ungu

Teh kelima yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan adalah teh ungu atau purple tea. Teh ungu sendiri merupakan jenis teh hijau yang pertama kali dikembangkan di Kenya.

Satu studi kecil di International Journal of Biomedical Science menemukan bahwa kafein dalam daun dan ekstrak teh ungu dapat menghentikan tubuh menyerap lemak.

Dalam studi tersebut, sebanyak 10 peserta pria mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh bagian bawah setelah rutin meminum 100ml sampai 200ml teh ungu sebanyak dua kali sehari selama sebulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News