HOME, Bugar

5 Jenis Sabun Cuci Muka Ini Bisa Anda Coba untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

5 Jenis Sabun Cuci Muka Ini Bisa Anda Coba untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Kini, semakin banyak jenis-jenis sabun cuci muka yang bisa Anda gunakan. Pentingnya memilih sabun cuci muka yang tepat agar tidak mengalami masalah kulit yang baru atau memperparah kondisi kulit wajah.

Agar tidak mengalami kekeliruan, berikut jenis-jenis sabun cuci muka yang bisa Anda pakai dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

Mencuci muka

1. Sabun Batang

Jenis sabun cuci muka pertama adalah sabun batang. Jenis sabun ini sudah lama dipakai oleh banyak orang dan sampai sekarang pun masih dipakai. Cara pemakaian sabun batang ini sangat mudah, yaitu cukup gosokkan sabun batang ke telapak tangan dengan air, lalu berikan sedikit air dan basuhkan ke seluruh wajah.

Sabun jenis ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit dan kebutuhan. Anda bisa menemukan sabun batang dengan bermacam fungsi. Misalnya, kamu bisa menemukan sabun batang dengan tambahan pewangi alami, anti bakteri, anti jerawat, ataupun eksfoliasi.

Meskipun bersifat melembutkan, sabun ini masih bersifat lebih mengeringkan daripada gel atau krim pembersih wajah lainnya. Sehingga pastikan Anda memilih sabun batang yang tidak mengandung detergent yang akan membuat kulit semakin kering. Pilihlah sabun yang terdapat kandungan pelembapnya, seperti emolien, minyak esensial atau madu.

2. Sabun Cair

Jenis sabun cuci muka selanjutnya yaitu sabun cair. Jenis sabun ini cukup praktis digunakan dan identik dengan tekstur berbusa yang timbul saat Anda menggosokkan ke telapak tangan dengan air.

Cara memakainya dengan menuangkan dua tetes sabun cair kemudian beri air sedikit. Jika busa telah muncul, segera usapkan ke wajah sambil dipijat halus.

Setelahnya basuh dengan air bersih sampai benar-benar bersih. Adanya busa saat pemakaian sabun cair akan memberikan efek sedikit kering. Sabun cair direkomendasikan untuk kulit berminyak. Meskipun begitu, tidak lantas jenis kulit kering atau normal tidak boleh memakai.

Anda tetap bisa memilih jenis sabun yang mengandung pelembap seperti petrolatum sehingga memberikan efek melembutkan di kulit. Carilah juga produk yang mengandung alpha hydroxy acids untuk membantu pengelupasan kulit kusam dan memungkinkan pelembap dapat menyerap lebih baik.

Pembersih ini juga memiliki ciri khas cepat larut dan mudah dibersihkan. Sehingga jenis sabun ini sangat nyaman dipakai pada pagi dan malam hari untuk menangani permukaan kulit yang berminyak, berdebu, dan meluruhkan makeup tanpa mengakibatkan kulit terasa tebal dan kering.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Masalah Jerawat di Punggung Secara Alami

3. Sabun Gel

Jenis sabun cuci muka berikutnya adalah sabun gel. Perbedaan sabun gel dengan sabun cair adalah sabun gel lebih bertekstur kental dan mengandung banyak pewangi. Sabun gel cocok digunakan bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Dengan tekstur gel, sabun ini tidak seringan sabun cair pada umumnya.

Sehingga rasa kental dan tidak lengket bisa kamu rasakan saat mengenakannya. Sama seperti sabun cair, cara penggunaan sabun gel cukup dengan meneteskan beberapa butir gel ke telapak tangan Anda. Basahi dengan sedikit air dan basuhkan pada wajah secara merata.

Setelah itu, Anda bisa membersihkan dengan air dingin yang segar sampai wajah sampai tidak ada sabun yang tersisa. Kelebihan dari tekstur gel adalah ketika digosokkan di telapak tangan tidak mengandung banyak busa. Sehingga saat digosokkan ke wajah menimbulkan sensasi licin dan membuat kulit menjadi terasa kenyal.

4. Cleansing Oil

Selanjutnya adalah cleansing oil. Jenis sabun ini berbahan dasar minyak. Cara memakainya yaitu tuang dua pump cleansing oil, letakkan pada telapak tangan, kemudian pijat ke seluruh wajah.

Selanjutnya, oleskan sedikit air pada wajah, pijat wajah dengan gerakan memutar searah jarum jam sampai cleansing oil pada wajah berubah menjadi milky.

Kemudian basuhlah wajah menggunakan air hangat. Jika sehari-hari Anda selalu mengaplikasikan makeup, maka jenis sabun muka ini sangat cocok buat Anda.

Tak perlu khawatir, cleansing oil juga tersedia dalam berbagai varian sesuai dengan jenis kulit wajah. Formulanya tidak mengiritasi, sangat disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif.

5. Sabun Scrub

Jenis sabun cuci muka terakhir yaitu sabun scrub. Scrub dapat membantu menghilangkan sel mati penyebab kulit terlihat kering dan kusam. Selain itu scrub juga mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Tekstur yang agak kasar bila digosokkan pada bagian wajah berguna memperlancar peredaran darah. Gerakan ini menyebabkan melebarnya pembuluh darah untuk sementara waktu. Peredaran darah akan lebih lancar.

Namun, bila terdapat infeksi di kulit seperti jerawat, areanya akan melebar juga. Kandungan scrub yang berkhasiat nengangkat sel kulit mati bisa memperburuk kulit berjerawat sehingga muncul peradangan di sekitarnya. Oleh karena itu, tidak semua kondisi kulit boleh discrub.

Menggunakan scrub untuk membersihkan wajah ada aturannya. Untuk kulit berminyak lakukan dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk kulit kering lakukan sekali setiap dua minggu.

Mencoba berbagai jenis scrub untuk mencari yang paling tepat tak masalah, namun jika kulit wajah sensitif sebaiknya Anda hindari. Sebab, scrub bisa jadi malah semakin memperparah kondisi kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News