HOME, Bugar

5 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Berpuasa

 5 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Memang tidak mudah untuk tetap berolahraga saat berpuasa, tetapi Anda tetap harus menjaga tubuh tetap sehat.

Ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan saat puasa dengan intensitas yang ringan sehingga tidak membuat tubuh terlalu lelah. 

Puasa bukan alasan untuk tidak olahraga. Justru berolahraga akan membuat tubuh sehat dan bugar, sehingga Anda bisa tetap kuat dan produktif saat berpuasa.

Berbagai penelitian juga menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca Juga: Tips Menjaga Imunitas Selama Bulan Ramadan

Dilansir dari Health Focus, inilah pilihan jenis olahraga yang mudah dilakukan saat berpuasa, antara lain:

1. Jalan kaki

Jenis olahraga yang mudah dilakukan saat berpuasa pertama adalah jalan kaki. Jalan kaki cocok banget nih jadi pilihan olahraga saat sedang puasa.

Selain tidak memerlukan perlengkapan dan tempat khusus, selama jalan kaki Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar. Olahraga ini bisa Anda lakukan sembari ngabuburit.

2. Yoga

Jenis olahraga yang mudah dilakukan saat berpuasa kedua adalah yoga. Yoga juga termasuk olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi.

Anda bisa menjaga tubuh tetap segar dan bugar selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas harian.

Yoga adalah gerakan yang fokus pada teknik pernapasan berguna untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks.

Selain itu, yoga juga dapat menenangkan pikiran, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Pilates

Jenis olahraga yang mudah dilakukan saat berpuasa ketiga adalah pilates. Pilates adalah jenis olahraga yang melatih kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas tubuh.

Agar manfaat pilates bisa Anda peroleh secara maksimal, pastikan setiap gerakan yang dilakukan benar.

4. Latihan beban

Jenis olahraga yang mudah dilakukan saat berpuasa keempat adalah latihan beban. Latihan beban juga termasuk salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Agar tidak terlalu menguras energi, pilih beban yang tidak terlalu berat. Selain itu, lakukan gerakan angkat beban secara perlahan untuk menghindari masalah otot yang kram. 

Baca Juga: Rekomendasi 3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Bulan Puasa

5. Bersepeda

Jenis olahraga yang mudah dilakukan saat berpuasa kelima adalah bersepeda. Bersepeda santai di sekitar rumah bisa menjadi momen ngabuburit yang mengasyikan. 

Anda juga bisa keliling-keliling dengan sepeda sembari mencari camilan atau minuman untuk berbuka puasa nanti.

Saat berpuasa, hal yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk berolahraga agar tidak mengganggu puasa dan aktivitas harian.

Atur jam olahraga pada saat pagi hari setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Dengan begitu, risiko untuk alami dehidrasi lebih kecil.

Pastikan tidak berolahraga di siang hari saat udara sedang panas karena dapat membuat tubuh lemas dan dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News