HOME, Bugar

5 Jenis Olahraga Ini Aman Dilakukan pada Trimester Pertama Kehamilan

5 Jenis Olahraga Ini Aman Dilakukan pada Trimester Pertama Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Berbagai gejala dirasakan oleh ibu hamil, khususnya pada kehamilan trimester pertama yang terkadang membuat tidak nyaman. Mulai dari morning sickness, hingga perubahan fisik yang dirasakan oleh seorang ibu di trimester pertama kehamilannya. 

Meskipun terasa tidak nyaman, bukan berarti ibu tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, ibu bisa melakukan olahraga ringan atau latihan fisik.

Selain menghilangkan rasa tidak nyaman di awal kehamilan, melakukan olahraga ringan saat masa kehamilan trimester pertama bermanfaat untuk mempersiapkan perkembangan janin. 

Selain itu bisa membantu mengatur peningkatan berat badan, mengatur suasana hati, dan memudahkan ibu hamil untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Inilah Manfaat Alpukat untuk Janin dan Ibu Hamil

Dirangkum dari Healthline, inilah 5 olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Berenang dan aerobik air

Olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama adalah berenang dan aerobik air. Air bersifat menenangkan, berdampak rendah, dan tidak rentan jatuh.

Lakukan serangkaian latihan prenatal yang berfokus membangun kekuatan inti. Hindari pose memutar bagian pinggang dan perhatikan batas energi Anda .

2. Pilates

Olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama selanjutnya adalah pilates. Pilates dapat membantu mengatasi masalah keseimbangan dan nyeri punggung bawah.

Hindari pose berbaring telentang, dan memutar bagian pinggang.

3. Berjalan kaki

Olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama yang ketiga adalah berjalan kaki. Berjalan adalah olahraga yang paling ringan, serta bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan gratis.

Dengan berjalan santai, kalori ibu akibat pertambahan berat badan akan dibakar tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat.

Jika ibu merasa lelah ketika melakukan jalan santai, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu dan jangan terlalu dipaksakan.

Pilihlah rute yang tidak terlalu jauh dan jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman saat akan melakukan olahraga ini.

Baca Juga: Inilah Manfaat Buah Sirsak yang Baik untuk Ibu Hamil

4. Yoga

Olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama yang keempat adalah yoga. Yoga membangun kekuatan dan keseimbangan, melenturkan otot, mengurangi tekanan darah. 

Yoga juga mengajarkan teknik pernapasan yang akan membantu selama persalinan, bahkan juga mencegah osteoporosis dengan membangun kepadatan mineral tulang.

Hindari pose berbaring telentang, dan memutar bagian pinggang, cari posisi yang aman untuk janin dan tidak membahayakan.

5. Senam kegel

Olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama yang terakhir adalah senam kegel. Senam ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Selain dapat mempertahankan berat badan ideal, senam kegel juga bisa meredakan rasa nyeri akibat perubahan yang terjadi pada tubuh ibu.

Itulah 5 olahraga aman untuk kehamilan trimester pertama yang perlu Anda ketahui dan coba lakukan dengan rutin. 

Aturan yang paling penting untuk olahraga pada kehamilan trimester pertama adalah perhatikan batasan pada energi Anda  dan jangan sampai jatuh.

Pastikan dokter tahu jenis olahraga apa yang Anda lakukan serta lakukan olahraga dengan ahlinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News