Bugar

5 Jenis Oil yang Bermanfaat untuk Rambut yang Harus Anda Coba

5 Jenis Oil yang Bermanfaat untuk Rambut yang Harus Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Gunakan beberapa jenis oil ini yang bermanfaat untuk rambut. Merawat rambut tidak hanya dengan sampo, gunakan beberapa jenis oil ini yang bermanfaat untuk rambut.

Ada banyak jenis oil yang dipercaya mampu menyehatkan rambut hingga ke akarnya berkat kandungan di dalamnya.

Rambut termasuk bagian tubuh yang penting juga untuk dirawat. Anda bisa menggunakan jenis oil di bawah ini untuk perawatan rambut sehari-hari. 

Berikut lima jenis oil yang bermanfaat untuk rambut dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Argan Oil 

Jenis oil untuk rambut pertama adalah argan oil. Argan oil adalah minyak yang diekstrak dari biji pohon argan, yang banyak tumbuh di Maroko.

Minyak ini juga dikenal sebagai minyak Morrocon yang kaya akan vitamin E, asam ferulic, asam lemak dan antioksidan untuk mencegah kerusakan rambut sekaligus melindunginya dari bahaya sinar UV.

Selain itu, argan oil juga memberikan nutrisi, kelembapan, mengurangi kekeringan dan kerapuhan pada rambut. 

Baca Juga: Menarik Dicoba, 4 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Cepat

2. Coconut Oil

Jenis oil untuk rambut selanjutnya adalah coconut oil. Minyak ini bertindak sebagai pelindung rambut, melembapkan rambut, mencegah kerusakan dan membantu pertumbuhan rambut.

Minyak kelapa (coconut oil) mengandung asam lemak yang mampu merawat rambut secara intensif dibandingkan dengan kondisioner biasa. 

Cara menggunakan coconut oil, jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, oleskan minyak kelapa murni di bagian tertentu rambut. 

Biasanya setengah rambut menuju ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Lakukan sekali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik. 

3. Olive Oil

Berikutnya, olive oil juga termasuk jenis oil yang memiliki manfaat untuk rambut. Minyak zaitun kaya akan asam lemak seperti squalene dan asam oleat, yang mampu menghaluskan rambut.

Selain itu, minyak ini juga kaya akan vitamin E, yang dapat melawan kerusakan rambut akibat radikal bebas dari sinar matahari dan polusi. Olive oil akan membuat rambut tampak lebih kuat, sehat dan berkilau. 

Oleskan satu sampai dua sendok makan (sdm) minyak zaitun ke rambut secara merata. Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan biarkan sekitar 30 menit. Bilas dengan sampo dan kondisioner yang biasa kamu gunakan. 

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini untuk Mencegah Rambut Semakin Rontok, Apa Saja?

4, Castror Oil

Minyak jarak atau castror oil adalah minyak yang berasal dari ekstraksi biji jarak. Castror oil  bermanfaat untuk pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin E, mineral dan protein. Minyak jarak juga mengandung antioksidan yang menjadikan rambut lebih kuat, halus dan sehat.

Selain itu, castor oil murni menawarkan manfaat besar lainnya seperti mencegah rambut rontok, mengatasi infeksi kulit kepala dan ketombe karena sifat anti-jamurnya, melembapkan rambut dan mencegah rambut bercabang. 

Minyak jarak (castor oil) memiliki konsistensi yang sangat kental, sebaiknya campurkan castor oil dengan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa.

Caranya dengan aplikasikan campuran tersebut pada rambut sembari dipijat perlahan. Gunakan shower cap untuk membungkus rambut dan diamkan semalaman. Lalu bilas menggunakan sampo. Lakukan secara rutin, setiap seminggu sekali

5. Jojoba Oil

Jenis oil untuk rambut lainnya adalah minyak yang diekstrak dari tanaman jojoba dan paling menyerupai dengan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala (sebum).

Jojoba oil untuk rambut mampu melembapkan dan merawat rambut secara intensif. Serta mampu mengatasi ketombe, masalah kulit kepala kering, dan menambah kilau pada rambut. 

Cara memakainya untuk perawatan rambut, oleskan minyak ini ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan sampo seperti biasa. 

Itulah lima jenis oil yang bermanfaat untuk rambut. Menarik untuk dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News