Bugar

5 Jenis Obat Herbal untuk Membantu Melancarakan ASI

5 Jenis Obat Herbal untuk Membantu Melancarakan ASI

MOMSMONEY.ID - ASI yang lancar tentunya menjadi kebahagiaan bagi ibu menyusui. Sebab, asupan ASI yang cukup menjadi sumber nutrisi bagi bayi dalam masa pertumbuhannya.

Minum obat herbal memang sangat disarankan untuk wanita setelah melahirkan dan saat menyusui. Ada beberapa obat herbal dan alami yang bisa digunakan untuk memperlancar ASI.

Biasanya, obat herbal pelancar ASI terbuat dari rempah-rempah dan dedaunan herbal. Berbagai campuran rempah-rempah ini bisa mulai diminum para ibu ketika masa nifas.

Dilansir dari Very Well Family, berikut ini adalah jenis obat herbal bahan alami yang sering digunakan untuk membantu melancarkan ASI, antara lain: 

Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Tahu, Ini 5 Sayuran yang Bisa Melancarkan ASI

Jahe

Jahe dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan tubuh, mengurangi mabuk perjalanan, dan meningkatkan produksi ASI.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan jahe sebagai cara alami untuk meningkatkan produksi ASI pada periode awal postpartum sangat efektif.

Daun katuk

Untuk melancarkan ASI, daun katuk merupakan salah satu yang cukup terkenal. Daun ini telah digunakan untuk membuat suplemen atau membuat sup sayuran dengan merebus, mengukus, atau memanaskannya. Daun katuk merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. 

Kunyit

Kunyit adalah obat herbal lain yang bisa ibu gunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Wanita menyusui yang mengonsumsi kunyit bisa meningkatkan produksi ASI secara bertahap.

Kunyit juga bisa dicampur dengan asam jawa karena asam jawa dikenal kaya akan lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin yang membantu menjaga kesehatan fisik ibu nifas. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi ASI Rembes Saat Hamil

Daun pepaya

Daun pepaya merupakan tanaman herbal yang ampuh melancarakan ASI. Daun ini kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk ibu menyusui. Biasanya, daun pepaya dikombinasi dengan jenis tanaman herbal lain. 

Fenugreek

Fenugreek juga bisa meningkatkan produksi ASI. Para ahli telah membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi fenugreek bisa menghasilkan lebih banyak ASI.

Peningkatan produksi susu diduga disebabkan oleh kandungan fitoestrogen dalam fenugreek. Tanaman herbal ini pun bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman teh. 

Fenugreek tidak membahayakan bayi dan ibu menyusui. Namun, fenugreek memiliki efek samping yakni berpotensi menyebabkan mual, muntah, perut kembung, diare, dan urine berbau.

Itulah beberapa jenis obat herbal yang bisa Anda konsumsi untuk membantu melancarkan ASI selama proses menyusui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News