5 Jenis Natural Oil yang Bermanfaat untuk Membantu Mengatasi Stretch Mark

Reporter: Ana Risma
Rabu, 23 November 2022 | 15:45 WIB
5 Jenis Natural Oil yang Bermanfaat untuk Membantu Mengatasi Stretch Mark

ILUSTRASI. 5 Jenis Natural Oil yang Bermanfaat untuk Membantu Mengatasi Stretch Mark.


MOMSMONEY.ID - Simak daftar natural oil yang bermanfaat untuk membantu mengatasi stretch mark di sini.

Stretch mark sebagaimana dikutip dari laman Hello Sehat merupakan tampilan garis-garus halus dan panjang yang muncul pada lapisan epidermis akibat kulit yang meregang atau menyusut secara tiba-tiba.

Biasanya, stretch mark muncul ketika seseorang mengalami perubahan berat badan atau kehamilan.

Sering hinggap di bagian perut, bokong, paha, hingga payudara, stretch mark bisa memudar dengan sendirinya. Namun, butuh waktu yang cenderung lama sampai tampilan stretch mark memudar.

Supaya stretch mark lebih cepat pudar, Anda dapat melakukan perawatan rumahan dengan memanfaatkan natural oil atau minyak alami yang diekstrak dari bahan-bahan nabati. Melansir Healthline dan Medical News Today, inilah 5 jenis natural oil yang bermanfaat untuk membantu mengatasi stretch mark.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kusam, Ini Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Bantuan Skincare

1. Argan oil

Argan oil

Natural oil untuk mengatasi stretch mark yang pertama adalah argan oil. Menurut studi kecil pada tahun 2016, argan oil dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Para peneliti juga percaya bahwa argan oil mampu membantu mencegah dan mengurangi tampilan stretch mark.

Studi lain pada tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi argan oil dan mengoleskannya secara topikal bisa membuat kulit lebih elastis pada wanita pasca-menopause.

2. Rosehip oil

Rosehip oil

Natural oil untuk mengatasi stretch mark yang kedua adalah rosehip oil. Menurut studi tahun 2013, pelembab yang mengandung rosehip oil mampu membantu mencegah stretch mark semakin parah pada ibu hamil.

Dibandingkan plasebo, rosehip oil dinilai jauh lebih efektif dalam hal mencegah kemunculan stretch mark yang baru.

3. Bitter orange oil

Bitter orange oil

Natural oil untuk mengatasi stretch mark yang ketiga adalah bitter orange oil. Satu studi menunjukkan bahwa bitter orange oil dapat mengencangkan dan mengkondisikan kulit serta mencegah kerapuhan kulit. Adapun tindakan tersebut berpotensi mengurangi munculnya stretch mark.

Kendati demikian, bitter orange oil tidak disarankan untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya, bitter orange oil bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan fotosensitivitas terutama pada orang berkulit terang.

4. Neroli oil

Neroli oil

Natural oil untuk mengatasi stretch mark yang keempat adalah neroli oil. Neroli oil biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mencerahkan kulit serta memperbaiki tampilan bekas luka dan stretch mark.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2008, stretch mark memiliki kemampuan antioksidan kuat yang dapat membantu regenerasi sel kulit dan memperbaiki penampilan kulit.

5. Patchouli oil

Patchouli oil

Natural oil untuk mengatasi stretch mark yang terakhir adalah patchouli oil. Meskipun masih sedikit penelitian yang mengungkapkan efek patchouli oil untuk stretch mark, namun patchouli oil telah menunjukkan kemampuan antioksidan dan mempromosikan sintesis kolagen menurut penelitian pada tahun 2013.

Secara teori, patchouli oil bisa membantu menguatkan kulit dan meminimalkan tampilan stretch mark.

Itulah 5 natural oil yang bermanfaat untuk membantu mengatasi stretch mark. Apabila Anda memiliki kondisi kulit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum mencoba salah satu natural oil di atas ya Moms. Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER