HOME, Keluarga

5 Jenis Ikan Hias yang Tak Bisa Hidup Bersama dengan Ikan Lainnya

5 Jenis Ikan Hias yang Tak Bisa Hidup Bersama dengan Ikan Lainnya

MOMSMONEY.ID - Faktor keindahan terkadang juga menjadi alasan seseorang memelihara ikan hias. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan memelihara beberapa jenis ikan untuk mendapatkan pola warna yang diinginkan.

Sayangnya, tidak semua ikan bisa hidup bersama dalam satu akuarium. Beberapa ikan hias memiliki watak yang agresif dan merupakan jenis ikan predator yang akan memangsa ikan kecil lainnya.

Untuk membantu Anda mengetahui ikan jenis apa saja yang tak bisa hidup bersama, berikut ulasannya.  

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengatasi Penyakit Bercak Putih Ikan Hias

Ikan Cupang

Sudah bukan asing lagi ikan cupang tak bisa dicampur dengan ikan lain, bahkan dengan sejenisnya. Dilansir dari Bechewy.com, ikan cupang secara alami sangat sensitif dengan teritorial dan hampir selalu menunjukkan agresi ketika mereka bertemu jantan lain di alam liar.

Cupang biasanya menyerang sisik, insang, dan ekor. Mereka juga akan selalu merespon jika digigit oleh ikan lain. Ini berbeda ketika mereka hidup di alam liar, karena mereka kurang dominan sehingga pertempuran tidak selalu diperlukan dan memilih bersembunyi.

Dalam merawatnya, Anda membutuhkan akuarium terpisah untuk setiap satu ekor ikan. Anda harus betul-betul dalam merawatnya karena kerusakan sirip dan ekor sangat rentan bagi ikan cupang. Pemberian pakan dan menjaga kondisi air tetap sesuai akan membuat ikan cupang selalu sehat.

Ikan Piranha

Ikan piranha merupakan salah satu ikan predator. Mereka sebenarnya tidak benar-benar karnivora karena sebagian besar adalah omnivore yang memakan tumbuhan atau buah-buahan yang jatuh ke sungai.

Terdapat 20 jenis ikan piranha di dunia dan jenis terganasnya adalah red belly yang berasal dari Amazon. Dibalik keganasannya, ikan piranha ternyata telah menarik banyak minat orang-orang untuk memeliharanya.

Namun, jangan lupa dengan keagresifannya. Ikan ini akan memakan ikan apa saja yang hidup dalam satu akuarium. Bahkan beberapa di antaranya merupakan kanibal yang memakan sesamanya. Lebih baik, pisahkan atau Anda memelihara ikan yang lebih besar karena ikan piranha tidak menyerang hewan lain yang berukuran lebih besar darinya.

Baca Juga: Macam-Macam Perubahan Warna Air Akuarium dan Penyebabnya

Ikan Oscar

Sama seperti ikan piranha, ikan oscar juga merupakan ikan hias predator. Ikan ini bisa tumbuh hingga 40 cm, sehingga ikan ini membutuhkan ruang yang luas untuk bergerak. Terutama wataknya yang agresif dan suka menakut-nakuti ikan lainnya. Lebih baik, jangan pernah menyatukan ikan apapun bersama dengan ikan oscar.

Ikan Louhan

Ikan louhan memiliki bentuk dan warna yang tidak biasa. Ciri khasnya adalah punuk nuchal yang besar pada spesies jantan, tungkai menonjol, mata melotot, dan dagu menonjol. Namun sayangnya, ikan ini sangat agresif untuk disatukan dengan ikan lain dalam satu akuarium. Jika ada ikan kecil yang hidup bersamanya, ikan louhan akan berpikir bahwa itu adalah makanannya.

Namun, mereka bisa disatukan dengan sesama louhan. Perawatannya cukup sulit bagi pemula dan membutuhkan fasilitas yang lengkap. Anda bahkan perlu mengganti airnya tiap 2-3 hari sekali supaya louhan dapat hidup lebih lama. Akuarium yang dibutuhkan juga harus lebih besar agar tempat gerak ikan lebih banyak.

Ikan Buntal Kerdil (Dwarf Pea Puffer)

Ikan buntal kerdil memang terlihat lucu dan menyenangkan, tetapi ternyata menurut Fishlab.com, mereka cukup agresif dan bisa berkelahi dengan ikan lainnya. Mereka sebenarnya cukup baik dengan ikan sejenis.

Akan tetapi, Anda perlu memberikan akuarium yang lebih luas karena mungkin mereka bisa berselisih karena masalah teritorial. Dalam merawatnya, Anda akan memerlukan tambahan tanaman air karena ikan ini menyukai tumbuh-tumbuhan dan tanaman untuk tempat bersembunyi.

Selain itu, ikan ini memiliki rasa ingin tahu yang besar, maka jangan heran jika ikan kembung kerdil ini akan aktif berenang menyelidiki seluruh inci akuarium Anda. Memberikan beberapa ornamen tambahan akan membuat ikan kembung bahagia.

momsmoney ikan hias

Selanjutnya: Perhatikan Kondisi Air saat Pelihara Ikan di Akuarium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News