5 Jenis Daun yang Bagus untuk Merawat Kecantikan Kulit, Salah Satunya Daun Jambu Biji

Reporter: Ana Risma
Rabu, 25 Januari 2023 | 16:00 WIB
5 Jenis Daun yang Bagus untuk Merawat Kecantikan Kulit, Salah Satunya Daun Jambu Biji

ILUSTRASI. 5 Jenis Daun yang Bagus untuk Merawat Kecantikan Kulit.


MOMSMONEY.ID - Layak dicoba, ini 5 jenis daun yang bagus untuk merawat kecantikan kulit.

Tahukah Anda bahwa daun bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit? Kendati dapat digunakan untuk merawat kulit, faktanya tidak semua daun aman untuk dikonsumsi atau diaplikasikan secara topikal ke kulit.

Lalu, daun apa saja yang terbukti bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit? Dilansir dari HubPages, berikut 5 jenis daun yang bagus untuk merawat kecantikan kulit:

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Hyaluronic Acid untuk Kulit Lembab dan Kenyal dari Dalam

1. Daun mangga

Daun mangga

Daun mangga mengandung vitamin A dan merupakan sumber beta karoten yang bertindak sebagai agen fotoprotektif terhadap sinar UV. Kandungan vitamin A dalam daun mangga diketahui dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit untuk mencegah munculnya jerawat.

Daun mangga juga mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Kehadiran beta karoten dalam daun mangga mampu memberikan nutrisi pada rambut agar lebih kuat dan berkilau.

Haluskan daun mangga segar sampai menjadi pasta. Campurkan 2 sendok pasta daun mangga dengan 1 sendok makan dadih atau yogurt dan 2 sendok makan pepaya yang sudah dihaluskan.

Oleskan masker ini pada wajah yang sudah dibersihkan untuk merevitalisasi kulit dan mengencangkan pori-pori. Atau, oleskan pada rambut dan kulit kepala untuk memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mencegah ketombe.

2. Daun jambu biji

Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki beragam khasiat obat. Bahkan, daun jambu biji telah digunakan dalam banyak pengobatan dan perawatan herbal untuk kulit maupun rambut.

Kombinasi bahan kimia seperti karotenoid, tanin, polifenol, dan flavonoid yang ada di dalam daun jambu biji mampu meningkatkan berbagai manfaat kesehatan. Sarat dengan antioksidan, daun jambu biji dapat membantu mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

Haluskan daun jambu biji dan daun kemangi lalu campur dengan air mawar, susu, dan kunyit. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker pada wajah, tangan, atau kaki. Masker ini sangat bagus untuk mengencangkan kulit, menghaluskan tekstur, menghilangkan garis-garis halus, dan mengurangi bintik-bintik penuaan.

3. Daun pepaya

Daun pepaya

Daun pepaya mengandung senyawa karpain yang diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan kulit yang sehat. Dalam daun pepaya, ada lebih dari 50 bahan aktif mencakup vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi. Sementara itu, kandungan enzim papain dalam daun pepaya bisa membantu pencernaan dan membersihkan darah secara alami.

Untuk membersihkan wajah secara alami dan menyamarkan noda, campurkan 2 sendok makan daun pepaya yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan daun mimba yang sudah dihaluskan juga. Kemudian, oleskan pada wajah dan leher.

Untuk membantu meredakan infeksi dan iritasi kulit, campurkan 1 sendok makan jus atau pasta daun pepaya dengan 1 sendok teh kunyit bubuk lalu oleskan pada area yang terinfeksi.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Aroma Parfum Sesuai Kepribadian, Kepribadian Tegas Pilih Aroma Apa?

4. Daun sirsak

Daun sirsak

Buah sirsak dikenal dengan khasiatnya dalam melawan kanker. Sementara itu, bagian daunnya merupakan sumber yang kaya akan senyawa fruktosa, protein, vitamin A, vitamin B, dan kalsium.

Tak hanya dimanfaatkan untuk pembuatan obat herbal dan produk kesehatan, daun sirsak juga menyimpan manfaat kecantikan yang baik untuk kulit. Daun sirsak mampu meningkatkan aktivitas antioksidan untuk mencegah penyebaran radikal bebas berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Buatlah pasta daun sirsak untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan termasuk kerutan dan kulit kendur. Caranya, cukup haluskan daun sirsak hingga lembut lalu oleskan ke seluruh wajah. Pasta ini juga bisa Anda oleskan ke kulit kepala untuk membantu menghilangkan ketombe sekaligus menguatkan rambut.

5. Daun kelor

Daun kelor

Daun kelor atau daun moringa memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Daun kelor bisa diekstraksi menjadi jus lalu dikonsumsi untuk tujuan pengobatan. Jus ini dipercaya dapat membersihkan darah secara alami dan mengobati diabetes.

Dalam Ayurveda, daun kelor termasuk salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat kulit dan rambut.

Ambil segenggam daun kelor lalu rebus ke dalam 3 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan saring rebusan daun kelor sebelum diminum. Rebusan daun kelor mengandung kombinasi antioksidan yang bermanfaat untuk memurnikan darah dan meremajakan kulit.

Anda juga bisa menghaluskan daun kelor kemudian pijatkan ke rambut dan kulit kepala secara lembut. Cara ini bermanfaat untuk membersihkan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta mencegah kerusakan.

Itulah 5 jenis daun yang bagus untuk merawat kecantikan kulit. Tertarik mencoba?

Selanjutnya: Bank BTPN akan Penuhi Aturan Free Float Sebelum Akhir 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER