Keluarga

5 Jamu Tradisional yang Berkhasiat Merawat Kecantikan dari Dalam

5 Jamu Tradisional yang Berkhasiat Merawat Kecantikan dari Dalam

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jamu tradisional yang berkhasiat merawat kecantikan dari dalam.

Sudah eksis dari zaman dahulu, jamu memiliki banyak manfaat kesehatan karena terbuat dari kombinasi bahan alami yang berkhasiat. Untuk merawat kecantikan, ada beberapa pilihan jamu yang bisa Anda coba.

Dilansir dari laman Jamu Digital dan Eva Mulia Clinic, inilah 5 jamu tradisional yang berkhasiat merawat kecantikan dari dalam.

1. Jamu bersih darah

Jamu tradisional pertama untuk merawat kecantikan adalah jamu bersih darah. Jamu bersih darah dipercaya mampu membersihkan kulit dari jerawat dan bisul. Jamu ini juga bisa membantu melancarkan menstruasi lho.

Untuk membuat jamu bersih darah, siapkan temulawak, daun sambiloto, daun pegagan, temu hitam, daun bidara lair, kunyit, dan akar alang-alang. Haluskan dan campurkan semua bahan lalu rebus dengan air secukupnya.

Setelah mendidih, saring kemudian dinginkan dan jamu bersih darah pun siap dikonsumsi dua kali sehari pada pagi dan sore.

Baca Juga: 5 Herbal Terbaik untuk Merawat dan Mengurangi Peradangan Kulit Akibat Eksim

2. Jamu sinom

Jamu tradisional kedua untuk merawat kecantikan adalah jamu sinom. Biasanya, jamu sinom dikonsumsi setelah minum jamu yang pahit. Jamu sinom diklaim dapat menyegarkan badan sekaligus membantu proses detoksifikasi untuk membuat kulit lebih cerah dan bebas jerawat.

Adapun bahan dasar yang digunakan untuk membuat jamu sinom antara lain kunyit, temulawak, daun asam jawa, kapulaga, kayu manis, serta gula merah dan gula putih secukupnya.

3. Jamu kunyit asem

Jamu tradisional ketiga untuk merawat kecantikan adalah jamu kunyit asem. Tergolong populer, jamu kunyit asem bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, melancarkan menstruasi, mengatasi peradangan, menghilangkan bau badan, dan menjadikan kulit awet muda.

Jamu kunyit asem diperkaya dengan vitamin A dan C yang bagus untuk membuat kulit bersih bebas jerawat.

Siapkan kunyit dan asam jawa lalu cuci bersih. Tumbuk kedua bahan tersebut secara kasar kemudian peras dan rebus sarinya. Untuk menambah cita rasa, masukkan gula merah dan garam dapur sedikit demi sedikit sampai rasanya pas.

Baca Juga: Kulit Jadi Glowing, Ini 4 Manfaat Neroli Oil untuk Kecantikan Kulit

4. Jamu beras kencur

Jamu tradisional keempat untuk merawat kecantikan adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur bisa diminum oleh anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua.

Untuk manfaatnya, jamu beras kencur dapat membuat badan terasa segar, mengatasi jerawat, dan menjaga tubuh tetap ramping.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu beras kencur adalah beras, kencur, asam jawa, kunyit, jahe, kapulaga, dan kedaung yang dihaluskan lalu direbus. Setelah jadi, Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu di dalam kulkas supaya lebih nikmat saat diminum.

5. Jamu pahitan

Jamu tradisional kelima untuk merawat kecantikan adalah jamu pahitan. Sesuai namanya, jamu pahitan memiliki cita rasa pahit karena terbuat dari brotowali, sambiloto, lempuyang, serai, daun meniran, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas yang terkenal dengan rasa pahitnya.

Jamu pahitan menyimpan beragam manfaat di antaranya mencegah jerawat, mengatasi gatal-gatal pada kulit, mencegah bau badan, serta melancarkan peredaran darah.

Nah, itulah 5 jamu tradisional yang berkhasiat untuk merawat kecantikan dari dalam. Mana jamu pilihan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News