HOME, Keluarga

5 Ikan Hias Beracun Air Asin yang Harus Diwaspadai

5 Ikan Hias Beracun Air Asin yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Di seluruh dunia ini, ada lebih dari 30.000 spesies ikan yang berbeda mengarungi lautan dan badan air tawar. Beberapa di antaranya kemudian dibudidayakan sebagai ikan konsumsi dan lainnya juga dijadikan sebagai ikan hias. Namun, memutuskan memelihara ikan yang lebih ekstrem karena terasa unik tak boleh lepas dari perhatian. Sebab, mereka bisa jadi sangat berbahaya dan mematikan.

Ada banyak jenis ikan hias predator yang bisa menggigit seperti halnya piranha, tetapi ada juga yang memproduksi racun. Ikan-ikan ini tak hanya beracun untuk habitat akuariumnya, tetapi juga menimbulkan tusukan jahat atau sengatan serius pada manusia yang merawat tanpa hati-hati atau tidak mempersiapkan dengan baik saat akan dikonsumsi.

Baca Juga: PH Air Akuarium Tinggi Berbahaya untuk Ikan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui beberapa spesies ikan beracun ini, tidak hanya memberikan pengetahuan bagi Anda yang ingin memelihara atau mengonsumsinya, tetapi juga memberikan Anda kewaspadaan saat berenang di laut. Dilansir dari Britannica, berikut 5 spesies ikan hias beracun yang harus diwaspadai.

Ikan Buntal

Ikan Kembung

Ikan buntal juga disebut dengan swellfish atau blowfish. Mereka adalah salah satu anggota dari sekitar 90 spesies ikan dari keluarga Tetradontidae, yang terkenal karena kemampuannya yang dapat mengembangkan tubuh menjadi besar dengan udara dan air saat mereka terganggu. Mereka memiliki kulit yang keras, biasanya berduri dan gigi menyatu membentuk struktur seperti paruh dengan belahan di tengah setiap rahang.

Zat ditubuhnya adalah tetrodotoxin. Ini terletak di organ dalam, seperti hati dan terkadang juga kulitnya yang berduri. Sangat beracun dan bisa mematikan. Namun, orang-orang di Jepang menjadikan mereka sebagai makanan laut yang lezat dan harus disiapkan dengan benar.

Scorpionfishes (Lion Fish)

Lion Fish

Dilansir dari The Spruce Pets, ikan dalam keluarga Scorpaenidae sebagian besar adalah ikan laut yang mencakup banyak spesies paling berbisa di dunia. Salah satunya adalah scorpionfishes, yang memiliki jenis sengat berupa duri tajam yang dilapisi lendir berbisa. Duri-duri di setiap tubuhnya dapat menyuntikkan racun yang dibuat oleh kelenjar di sepanjang tulang belakang.

Sengatan ini bagi ikan lainnya dapat menyebabkan lingkungan beracun dalam satu akuarium dan dapat membunuh ikan di sekitarnya. Sementara pada manusia, sengatan ini tidak berakibat fatal (kecuali Anda alergi terhadap racun), tetapi sangat menyakitkan dan dapat bertahan selama berbulan-bulan setelah peristiwa itu terjadi.

Boxfishes

Boxfishes

Boxfish Ostraciid dari genus Lactophrys juga mengeluarkan racun dari kulit mereka ke dalam air di sekitarnya yang bertujuan untuk melindunginya dari serangan predator. Saat terkejut, ketakutan, atau diganggu, ikan ini akan mengeluarkan racun yang mematikan dari tubuh mereka. Ini tak hanya membunuh semua makhluk di akuarium Anda, tetapi juga diri mereka sendiri.

Jika Anda ingin memeliharanya, Anda sebaiknya tidak mencampurnya dengan ikan lain yang agresif. Cowfish dan trunkfish juga merupakan bagian dari keluarga Ostraciidae dan memiliki sifat karakteristik yang sama.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Merawat Ikan Hias Koki Supaya Tak Cepat Mati

Ikan Tupai (Squirrelfishes)

Squirrelfishes

Ikan tupai atau Squirrelfishes memiliki kemampuan untuk menimbulkan tusukan jahat yang dapat menghasilkan sengatan racun. Sengatannya mungkin tidak separah scorpionfish, tetapi tetap masih menyakitkan sekali. Squirrelfishes beberapa spesiesnya betrayal dari kawasan Indo-Pasifik, diketahui ada yang berbisa dan ada yang tidak. Kendati demikian, ini dapat berisiko untuk ikan lainnya yang hidup dalam satu tangki.

Stonefishes

Stonefish

Stonefish adalah ikan laut yang diklasifikasikan dalam genus Synanceja dan famili Synancejidae. Mereka ditemukan di perairan dangkal Indo-Pasifik tropis. Ikan ini memiliki badan yang tebal dengan kepala dan mulut besar, mata kecil, kulit bergelombang yang ditutupi kutil, serta kadang-kadang sayap. Umumnya, stonefish berenang lamban. Mereka biasa tinggal di dasar laut di antara bebatuan atau karang. Akan tetapi kadang juga tidak bergerak, berbaur hampir persis dengan bentuk dan warna lingkungannya. Seperti sedang berkamuflase.

Mereka adalah ikan berbahaya karena saat diam jadi sulit dikenali. Saat terinjak, ikan batu dapat menyuntikkan racun dalam jumlah banyak melalui alur di duri sirip punggung mereka. Luka yang dihasilkan dapat berakibat fatal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News