BisnisYuk

5 Ide Usaha Paling Bisa Datangkan Cuan Selama Ramadan 2023

5 Ide Usaha Paling Bisa Datangkan Cuan Selama Ramadan 2023

MOMSMONEY.ID - Buat yang mau buka usaha memanfaatkan momentum bulan puasa, berikut ini ide usaha paling bisa datangkan cuan selama Ramadan 2023.

Hasil kajian Febriyanto dkk (2019) menunjukkan, rata-rata konsumsi rumah tangga meningkat antara 10%-30% hingga 100%-150% selama bulan puasa. 

Komponen penunjang peningkatan itu termasuk anggaran untuk keperluan belanja berbuka, sahur, hingga ibadah.

Momentum inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka peluang usaha musimam untuk menambah pemasukan. 

Bagi yang ingin memanfaatkan hal tersebut, berikut rekomendasi ide usaha yang usaha cocok untuk Anda geluti selama Ramadan 2023:

Baca Juga: Tips UMKM Perkuat Modal Lewat Kredit

1.Takjil

Takjil adalah makanan yang identik sebagai kudapan yang disantap untuk membatalkan puasa. 

Ada  beragam menu takjil yang digandrungi oleh masyarakat, seperti kolak, sup buah, es campur, begitupun kurma, atau menu yang asin seperti gorengan, lemper, semur ayam, martabak telur dan lain semacamnya. 

Besarnya modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha takjil ini cukup bervariasi, karena sangat tergantung dari target menu yang akan dipasarkan.

2. Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu kebutuhan dalam bulan Ramadan untuk menjalankan kegiatan salat, mengaji, tarawih, dan ibadah lainnya. 

Hal ini bisa Anda pilih sebagai alternatif usaha saat Ramadan. Perlengkapan ibadah yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu mukena, sarung, serta sajadah portabel.

Baca Juga: Mengajukan Kredit untuk Modal Usaha, Ini Tips Agar Lolos Seleksi!

3. Katering makanan

Di tengah kesibukan menjalani aktivitas pada saat Ramadan, kerap kali masyarakat tidak sempat untuk memasak makanan berbuka atau sahur. 

Anda bisa memulai usaha katering untuk ditawarkan kepada tetangga, teman, atau menawarkan kepada calon pelanggan lewat media sosial atau membagikan brosur. 

Menu yang sering dipilih tentunya yang memiliki ketahanan, agar tidak cepat basi. 

Contoh makanan yang tidak cepat basi ialah rendang, sambal goreng, ayam goreng, dendeng daging, kering tempe, kentang kering, sambal ikan teri, dan sambal ikan rowa.

4. Kue kering

Masyarakat sudah mempersiapkan berbagai jenis kue kering yang disajikan menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Biasanya, selama bulan Ramadhan bahkan dari sebelumnya, usaha ini sudah ramai untuk ditawarkan kepada kerabat, teman, tetangga, atau relasi. 

Permintaan kue kering paling diminati oleh masyarakat untuk disantap saat momentum Idul Fitri untuk menyambut tamu saat bersilaturahmi. 

Beberapa rekomendasi kue kering yang paling diminati, yakni putri salju, nastar, kastengel, lidah kucing dan banyak lagi macam nya. 

Bisnis ini menjadi alternatif yang menjanjikan karena tingginya permintaan pasar pada saat hari raya.

Baca Juga: Coaching Clinic Lazada untuk UMKM Bidang Fesyen di Bandung, Ini Cara Daftar

5. Busana muslim

Saat bulan Ramadan, masyarakat sering melakukan acara buka puasa bersama dengan keluarga, teman atau kerabat. Mereka perlu tampil rapih dan berbeda dari biasanya. 

Untuk itu, butuh pakaian muslim dengan warna dan model baru. Sebab, di momen untuk mempererat tali silaturahmi itu, banyak orang ingin terlihat ceria dan memukau. 

Busana muslim tersebut juga diperlukan untuk dipakai saat Idul Fitri. Untuk memulai usaha baju muslim, Anda bisa memulai dengan mencari distributor atau menjadi anggota reseller.

Setelah Anda mengetahui ide peluang usaha saat Ramadan yang paling diminati oleh banyak orang, Anda memerlukan dana ekstra dalam permodalan. 

Tentunya, dana yang dibutuhkan pun bisa lebih banyak agar dapat memberikan kualitas terbaik, sehingga laba yang Anda peroleh nantinya akan lebih besar. 

Bagi yang ingin memperoleh dana untuk menambah modal usaha, kiranya dapat memanfaatkan Pinjaman KTA agar kegiatan usaha Anda lebih maksimal.

Penyediaan pinjaman OK KTA dari OK Bank bisa Anda gunakan dengan mudah dan cepat. Proses pencairan yang aman dan fleksibel hanya membutuhkan satu hari kerja. 

Baca Juga: Tips ANT Project Kembangkan Bisnis Fashion Pria, Simak yuk

Limit yang bisa Anda manfaatkan di OK KTA mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 200.000.000, sehingga dapat mengatur lebih efektif modal tambahan untuk usaha sampingan. 

Untuk tenor pinjaman bisa dari 6 bulan hingga 5 tahun menyesuaikan dengan kemampuanmu.

"Pinjaman OK KTA bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan usaha bagi mereka yang memiliki syarat tertentu," kata Head of Retail Department OK Bank Hardiansyah Ramadhan dalam siaran pers, Senin (27/3).

"Kami menyediakan Pinjaman KTA untuk modal tambahan usaha sampingan saat bulan Ramadan. Persyaratannya sangat mudah, fleksibel, dan tentunya aman serta bisa disesuaikan tenornya oleh pengguna," ujarnya.

Pinjaman yang OK Bank sediakan tidak memerlukan jaminan. OK Bank juga menjamin keamanan dalam penggunaan Pinjaman KTA yang sudah berizin.

Itulah ide usaha paling bisa mendatangkan cuan selama Ramadan 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News