HOME, Keluarga

5 Ide Mengolah Daging Kurban Menjadi Berbagai Masakan Lezat

5 Ide Mengolah Daging Kurban Menjadi Berbagai Masakan Lezat

MOMSMONEY.ID - Sebentar lagi Umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Itu artinya, anda bersama keluarga akan menyantap berbagai hidangan olahan yang dibuat dari daging kurban.

Terkadang karena tidak ada ide, Moms hanya mengolah daging secara asal-asalan saja agar daging termakan. Alhasil, terkadang hasil masakan yang Moms buat dagingnya terlalu alot.

Bagaimana cara mengatasinya? MomsMoney punya beberapa ide memasak daging kurban menjadi olahan masakan yang super lezat, berikut ini, ya!

Baca Juga: 3 Risiko yang Akan Terjadi Jika Peralatan Dapur Kurang Bersih

Sate sapi / Sate kambing

Olahan sate merupakan olahan yang paling mudah untuk dilakukan. Cukup memotong daging kecil-kecil dan menusukkannya ke dalam tusukan sate, lalu panggang di atas alat pemanggangan.

Moms bisa menambahkan sendiri bumbu kacang yang dibeli dari warung terdekat untuk menambahkan rasa lezat pada sate yang dihidangkan.

Tongseng

Tongseng menurut Wikipedia adalah olahan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih berasa. Tongseng dibuat dengan daging yang masih melekat pada tulang, terutama iga dan tulang belakang.

(Sumber: Wikipedia) Olahan daging kurban yang dimasak menjadi Tongseng

Umumnya, tongseng menggunakan daging kambing, tapi bisa juga menggunakan daging sapi.

Menurut resep yang dikutip dari Bango, kandungan aneka rempah-rempah yang menjado bahan-bahan utama membuat tongseng ini dapat menjaga daya tahan tubuh. Aneka rempah yang digunakan tersebut di antaranya adalah jahe, kunyit, cabai, bawang putih, dan lada.

Semur daging

(Sumber: Bango.co.id) Semur Daging yang dikreasikan dari olahan daging kurban

Ide selanjutnya untuk memasak olahan daging kurban adalah dengan membuat semur daging. Daging yang digunakan adalah berupa daging sapi.

Mengutip ide website Bango, secara tampilan semur daging mirip dengan rendang. Bedanya adalah jika rendang kuahnya sedikit bahkan tidak ada sama sekali, sedangkan semur daging berkuah cair.

Semur daging ini rasanya manis dan sedikit pedas. Poin utama dalam mengolah daging kurban menjadi semur daging ini terletak pada bumbu-bumbu yang meresap pada daging hingga daging terasa lunak.

Daging yang digunakan pun adalah daging sapi bagian has luar yang dipotong-potong.

Baca Juga: 5 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki untuk Memotong Daging Kurban

Rawon

Olahan daging kurban selanjutnya adalah rawon. Menurut Wikipedia, rawon merupakan olahan daging berkuah hitam dengan campuran bumbu-bumbu khas dengan menggunakan bahan yakni kluwek.

Menurut Dapur Umami, rawon biasanya menggunakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil atau utamanya menggunakan bagian sandung lamur.

Rawon ini sangat cocok disajikan bersama dengan tauge dan telur asin. Pasti lezat kalau daging kurban olahanmu dijadikan rawon untuk makanan keluarga!

Sup kambing

Selanjutnya ide memasak daging kurban datang dari sayur bening bernama sup kambing.

Jika Moms atau keluarga bosan memakan olahan daging yang menggunakan bahan rempah-rempah dengan cita rasa yang terlalu kuat, mulai sekarang Moms bisa menggantinya.

Moms bisa memasak sup kambing dengan kuah yang tidak terlalu pekat. Mengutip dari Wikipedia, sup kambing hanya membutuhkan bahan atau rempah seperti daun bawang, jahe, kemiri, daun jeruk saja, lo! Kuahnya pun berasal dari kaldu daging sapi itu sendiri yang berwarna bening kekuningan.

Sup kambing ini cocok sekali dimakan dipagi hari bersama nasi hangat karena rasanya yang tidak terlalu berat dikonsumsi perut di pagi hari

Selanjutnya: Resep Gulai Rebung, Kreasi Gulai Selezat Gulai Kambing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News