HOME, Keluarga

5 Hal yang Membuat Bayi Bahagia Saat di Dalam Perut

5 Hal yang Membuat Bayi Bahagia Saat di Dalam Perut

MOMSMONEY.ID - Membuat bayi bahagia saat di dalam perut sangat mudah dilakukan. Tanpa disadari sebenarnya banyak hal yang sudah dilakukan ibu untuk membuat bayi bahagia saat di dalam perut. 

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science menyebutkan bahwa bayi dalam kandungan bisa merasakan kondisi psikologis ibu dan karena inilah bayi juga bisa merasakan perasaan ketika ibu sedih atau bahagia. 

Walau belum bisa sepenuhnya merespon secara baik, namun perasaan senang yang ia rasakan dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya secara keseluruhan.

Rasa bahagia janin di dalam kandungan pun bisa terlihat ketika ibu melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Hasil tangkapan layar USG yang memperlihatkan janin tersenyum dan aktif bergerak menjadi tanda bahwa dirinya merasa bahagia. 

Baca Juga: Moms, Ini Panduan Melahirkan untuk Bumil Positif COVID-19

Ada banyak hal yang membuat bayi bahagia saat di dalam perut. Berikut 5 hal yang membuat bayi bahagia saat di dalam perut yang bisa Moms lakukan. 

1. Makan makanan manis

Bayi bisa membedakan berbagai rasa selama minggu ke 13-15 kehamilan. Air ketuban akan memberikan rasa makanan yang dimakan ibu dan bayi akan bisa merasakan dan menyerapnya ke dalam tubuh. Bayi lebih bahagia ketika ibu makan makanan manis, namun perhatikan porsinya juga ya Moms.

2. Mengelus perut
Sentuhan akan bisa dirasakan bayi saat memasuki minggu ke-8. Bayi akan merasa nyaman ketika ada sentuhan di perut. Mengelus perut bayi juga bisa dilakukan ayah untuk memberikan kenyamanan pada ibu dan bayi sambil mendengarkan musik atau menikmati sore hari.

Baca Juga: 7 Tips sebelum ibu menyusui ikut vaksinasi Covid-19

3. Ajak bicara

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa saat sering diajak bicara, lama-kelamaan bayi akan mengenali suara orang tuanya. Selain bisa mengenal, kondisi ini juga bisa membuat perasaan janin menjadi lebih gembira. Para ahli menyarankan ibu untuk tidak hanya bicara biasa, tapi mengobrol dengan nada seolah-olah mereka sudah hadir di hadapannya.

4. Tertawa lepas

Tertawa bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan segala beban. Carilah sesuatu yang lucu, misalnya menonton film komedi atau berkumpul dengan orang-orang yang humoris. 

Tanpa disadari, sebenarnya ada banyak manfaat positif yang bisa dirasakan saat sedang tertawa antara lain: 

  • Memperlancar sirkulasi darah,
  • melatih kinerja otot-otot jantung,
  • meningkatkan sistem imun dalam tubuh,  
  • mempercepat aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh,
  • memperlancar asupan gizi dan nutrisi agar bisa sampai ke janin,
  • membantu melawan beragam jenis penyakit yang diproduksi oleh tubuh, 
  • mengurangi tingkat stres karena tertawa dapat merangsang keluarnya hormon endorfin dan serotonin yang membuat mood menjadi lebih tenang tanpa ada rasa gelisah.

5. Mendengarkan musik

Di minggu ke 25-26, bayi sudah mulai bisa mendengarkan suara dari luar. Ini adalah momen yang tepat mengenalkan bayi pada berbagai suara yang menenangkan untuk mendukung perkembangan otaknya yang cerdas. 

Jangan malas ya Moms, lakukan 5 hal ini untuk membuat bayi bahagia saat di dalam perut.

Selanjutnya: Kenali Risiko Preeklampsia atau Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News