HOME, Keluarga

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Serum Vitamin C, Jangan Sampai Keliru!

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Serum Vitamin C, Jangan Sampai Keliru!

MOMSMONEY.ID - Saat ini, skincare vitamin C kian menanjak popularitasnya. Hadir dalam beragam bentuk, vitamin C dalam kemasan serum menjadi salah satu variasi yang banyak digemari oleh khalayak.

Berkat kemampuan mencerahkan dan anti-aging yang dimiliki, produk serum vitamin C pun kian menjamur dan tentunya laris manis di pasaran.

Namun, tahukah Moms bahwa penggunaan serum vitamin C tidak boleh dilakukan secara asal-asalan? Nah, supaya serum vitamin C yang Moms gunakan membuahkan hasil yang maksimal, yuk simak 5 hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan serum vitamin C sebagaimana dilansir dari BeBeautiful sebagai berikut!

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Membuat Kulit Wajah Terlihat Mulus

1. Waktu

Meskipun tidak ada aturan yang bersifat mutlak terkait waktu penggunaannya, namun serum vitamin C disarankan untuk digunakan pada pagi hari. Pasalnya, ketika serum vitamin C dipasangkan dengan sunscreen, maka kandungan vitamin C yang ada di dalam serum dapat meningkatkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.

Sebelum keluar rumah di pagi hari, pastikan serum vitamin C yang Moms gunakan sudah menyerap dengan baik ke dalam kulit dan benar-benar kering ketika disentuh. Hal ini dilakukan untuk mencegah berkurangnya efektivitas serum akibat matahari.

2. Urutan

Rutinitas skincare sudah semestinya dilakukan dengan urutan yang tepat guna memaksimalkan hasilnya. Untuk serum vitamin C, urutan terbaik yang bisa Moms terapkan ialah menggunakannya setelah toner.

Nah, seberes mengaplikasikan serum vitamin C secara merata ke seluruh wajah, diamkan serum selama beberapa menit hingga menyerap sepenuhnya ke dalam kulit. Setelah itu, Moms dapat mengoleskan pelembab sebagai tahapan rutinitas skincare selanjutnya.

3. Formula dan konsentrasi

Tidak seperti bahan populer skincare lainnya misalnya retinol dan niacinamide, serum vitamin C tidak dibuat dengan proses atau dasar yang sama. Suatu produk skincare yang diklaim mengandung vitamin C bisa saja tersusun oleh citric extract alih-alih L-ascorbic acid. Padahal, L-ascorbic acid merupakan bentuk kuat dari vitamin C yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Oleh sebab itu, pastikan serum vitamin C yang Moms pilih memiliki konsentrasi dan formula yang tepat yaitu 2%-20% tergantung jenis dan masalah kulit yang dimiliki.

4. Campuran bahan

Untuk memilih serum vitamin C yang benar-benar tepat, pastikan Moms tidak lupa untuk memeriksa formulasi keseluruhan pada serum yang hendak dibeli atau gunakan. Jika serum tersebut merupakan serum berbahan tunggal, maka Moms hanya perlu memilih konsentrasi yang sesuai.

Sementara itu, di pasaran banyak beredar serum vitamin C yang dicampur dengan bahan-bahan lain guna menstabilkan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sekaligus memberikan manfaat tambahan. Tak jarang ditemui serum vitamin C yang juga mengandung chia seed oil dan lactic acid untuk menambahkan sifat anti-aging dan menciptakan kemampuan eksfoliasi yang lembut.

Supaya serum vitamin C yang Moms gunakan bekerja secara efektif, selalu ingat untuk memerhatikan label atau daftar komposisi yang ada pada kemasan serum terlebih dahulu sebelum membelinya untuk menilai apakah serum vitamin C yang akan Moms pilih worth it atau tidak.

5. Penggabungan

Meski serum vitamin C terbilang cukup mudah beradaptasi dan dapat dipasangkan dengan sebagian besar bahan skincare, namun Moms disarankan untuk tidak menggabungkannya dengan skincare berbahan benzoyl peroxide dan retinoid dalam waktu bersamaan.

Mengapa begitu? Karena, bahan-bahan tersebut apabila digunakan secara bersamaan dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi terutama jika kulit Moms bertipe sensitif.

Moms, itulah 5 hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan serum vitamin C. Jangan lupa dipraktikkan dan selalu ingat untuk tidak ragu mengganti serum vitamin C yang miliki dengan serum lainnya jikalau serum yang Moms gunakan tersebut justru menimbulkan permasalahan kulit yang berkepanjangan.

Selanjutnya: 3 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Sangat Terjangkau!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News