HOME, Hemat

5 Hal yang Dibutuhkan Bayi dan Bermanfaat untuk Masa Depannya

5 Hal yang Dibutuhkan Bayi dan Bermanfaat untuk Masa Depannya

MOMSMONEY.ID - Seperti kebanyakan orang tua, tentu Anda pernah merasa khawatir dengan perkembangan mental dan fisik bayi Anda bukan? Jika benar demikian, sebaiknya Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya mulai sekarang.

Pada dasarnya, orang tua sudah memiliki kemampuan secara alami untuk memenuhi kebutuhan bayinya dan memastikan bayi mereka berkembang menjadi orang dewasa yang sehat dan bahagia.

Namun, dari banyaknya hal yang bisa Anda lakukan untuk bayi Anda, inilah 5 di antaranya yang benar-benar dibutuhkan bayi dan bermanfaat untuk masa depannya sebagaimana dilansir dari Firstcry Parenting.

Baca Juga: 7 Tips untuk Membantu Anak Tidur dengan Lebih Mudah dan Cepat

1. Menghabiskan waktu bersama orang tua

Menghabiskan waktu berkualitas dengan si kecil tidak hanya akan membantu Anda menjalin ikatan dengannya, tetapi juga membantunya menjadi kuat dan percaya diri baik secara emosional maupun mental. Dengan meluangkan waktu selama beberapa menit setiap hari untuk memberikan perhatian penuh pada bayi Anda, itu akan membantunya memahami bahwa Anda peduli padanya, mencintainya, dan mampu memberikan rasa aman.

Selain itu, menghabiskan waktu bersama bayi Anda juga akan merangsang aktivitas hormonal yang berguna untuk membantu perkembangan otak dengan cepat. Jadi, peluklah bayi Anda setiap hari, berbicara dan bernyanyi dengannya selama waktu mandi, membacakannya buku cerita, dan sebagainya untuk berkontribusi pada kesehatan fisik, mental, dan sosio-emosionalnya di masa depan.

2. Lingkungan yang positif

Anak-anak dapat belajar dan memperoleh keterampilan hidup yang penting di tahun-tahun awal mereka saat orang tuanya mampu memelihara lingkungan yang baik dan dapat diandalkan untuk mendukung mereka tumbuh. Dari lingkungan, anak akan mengamati setiap detail kecil yang ada di dalamnya untuk dijadikan sebagai pelajaran sejak mereka dilahirkan.

Saat anak tidak bisa menikmati lingkungan yang positif, itu hanya akan berdampak negatif bagi perkembangan bicara dan bahasa mereka sekaligus bisa menyebabkan kecemasan. Sebaliknya, lingkungan yang bebas dari kekacauan dan kebisingan akan membantu bayi Anda mengembangkan keterampilan kognitif dan emosionalnya.

3. Makanan yang tepat

Bagi bayi, nutrisi bukanlah pilihan melainkan kebutuhan. Untuk perkembangan fisik dan otak yang optimal, maka makanan kaya nutrisi sangat penting untuk Anda berikan pada bayi mungil Anda.

Pada tahap awal masa bayi, Anda disarankan untuk memberikannya ASI secara eksklusif mengingat sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi berasal dari ASI. Alasan ASI begitu penting bagi bayi yakni karena susu superpower ini memiliki nutrisi yang berguna untuk perkembangan saraf dan otaknya. Nutrisi pada ASI mampu membangun koneksi otak, membantu dalam pembelajaran kunci, mengembangkan fungsi eksekutif, dan berperan penting dalam perkembangan paru-paru.

Nah, saat bayi Anda beralih ke makanan padat, pastikan Anda memberikannya nutrisi tambahan seperti asam folat, zat besi, kolin, ARA, DHA, dan sebagainya yang bisa ditemukan dalam susu, sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

4. Tidur yang cukup

Tidur berperan penting dalam perkembangan anak terutama bayi. Saat bayi Anda tidur, otaknya masih sangat aktif dan terus berkembang untuk memperoses informasi pada hari itu.

Melalui tidur, bayi akan terbantu untuk membentuk pengalamannya menjadi sesuatu yang produktif dan informatif. Jadi, tetapkanlah pola dan jumlah tidur yang tepat dan konsisten guna memaksimalkan manfaat yang akan bayi Anda dapatkan dari tidurnya.

5. Pengalaman baru

Mungkin akan sangat menyenangkan bagi Anda ketika bisa melihat anak Anda mempelajari kata-kata baru yang Anda ajarkan. Kendati begitu, kesenangan Anda yang demikian tidak boleh membuat Anda lupa bahwa membiarkan anak belajar dengan kecepatannya sendiri merupakan hal yang penting.

Oleh sebab itu, tawarkan pengalaman sensorik kepada bayi Anda dan perkenalkan ia ke berbagai lingkungan baru. Ketika bayi Anda mengamati hal-hal baru di dunia nyata, maka secara otomatis ia akan mempertahankan kata-kata dan keterampilan barunya.

Moms, dengan mewujudkan kelima hal di atas pada tahun-tahun awal bayi Anda, itu akan secara signifikan meningkatkan peluangnya untuk berkembang di masa depan. Jadi, pastikan untuk menyelimuti hari-hari si kecil dengan cinta dan waktu Anda serta tindakan, kata-kata, dan lingkungan yang positif guna membantunya belajar dan tumbuh dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News