HOME, Keluarga

5 Hal yang Dibenci Kucing Peliharaan dari Pemiliknya

5 Hal yang Dibenci Kucing Peliharaan dari Pemiliknya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda memperhatikan kucing tiba-tiba menjadi agresif dan marah karena suatu hal? Barang kali, kucing memang tidak menyukainya. Percaya atau tidak, sebagai pemilik Anda dapat melakukan kesalahan yang membuat kucing marah. Jika Anda tak segera menyadari kesalahan tersebut, kucing mungkin akan membenci Anda dan pergi saat Anda mendekatinya.

Tentu Anda tak ingin itu terjadi dan ingin selalu memberikan yang terbaik untuk kucing Anda. Nah, berikut adalah 5 hal yang dibenci kucing peliharaan dari pemiliknya yang perlu Anda ketahui. Tentu saja agar Anda dapat menghindari hal-hal tersebut.

Baca Juga: Nasi Boleh Diberikan Kepada Kucing, Asalkan Tidak Melebihi Ketentuan Ini

Sentuhan Berlebihan

Kucing memang suka dibelai, tapi jika berlebihan, dia akan marah juga karena merasa tidak nyaman. Jika Anda menyentuh bagian yang salah atau tak disukainya, kucin akan mendesis, mencakar, bahkan langsung menggigit.

Dilansir dari thesprucepets.com, kucing saling merawat satu sama lain di kepala dan leher. Jadi, cobalah untuk menempel pada area di sekitar leher dan kepala saja. Perhatikan bagaimana responnya, bila dia memberikan respon yang baik, berarti Anda aman menyentuhnya.

Suara Keras

Suara badai petir hingga kembang api tidak disukai kucing karena dapat membuatnya takut dan stres. Stres kronis dari suara keras ini dapat menyebabkan sejumlah perilku dan masalah keehatan, termasuk skittishness, agresi, depresi, rambut rontok, dan tidak nafsu makan. Maka, ada baiknya Anda menjaga kucing dari paparan suara keras saat hujan turun, permainan kembang api, tamu datang, dan saat Anda memarahinya dengan membentak-bentak.

Tidak Cukup Perhatian

Kucing membenci kesepian dan sendirian. Walau sebenarnya mereka terkadang cukup tenang saat sendirian, bukan berarti merka selalu ingin sendiri. Perhatian Anda adalah kebahagiaannya. Mereka biasanya akan melakukan berbagai cara untuk mencari perhatian Anda, mengelus kaki, mengeong-ngeong, dan sebagainya.

Sesekali ajaklah mereka bermain, mengelus kepalanya, dan memberikan waktu untuk menemaninya. Dengan begini, kucing Anda tidak akan merasa kesepian dan jadi lebih bahagia.

Baca Juga: Promo Whiskas Shopee Hingga Diskon 52% Periode September 2021

Minum Obat

Sebagai pemilik, memberikan sejumlah vitamin dan obat-obatan tertentu adalah demi kesehatan kucing. Namun, kucing sangat membenci obat-obatan, apalagi karena rasanya yang tidak enak. Kebanyakan orang memberi obat kepada kucing dengan cara memaksa karena kucing selalu melawan. Hal ini makin dibenci oleh kucing.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan cara lain yang lebih nyaman dalam memberikan vitamin atau obat kepada kucing. Anda dapat mencampurkannya pada makanan atau minuman yang dia konsumsi. Selain kucing tidak menyadari bahwa mereka telah meminum obat, Anda pun tak perlu terkena serangan karena kucing memberontak.

Mandi

Waktu mandi adalah waktu yang menyebalkan bagi kucing. Sebagian kucing mungkin akan mengamuk saat dimandikan dan Anda harus menerima banyak cakaran serta gigitan karena ini. Maka, cara terbaik untuk memberikan mandi adalah saat kucing benar-benar sudah kotor. Artinya, Anda tak perlu memandikan kucing dengan jadwal-jadwal tertentu yang telah Anda tentukan.

Saat memandikan, pastikan saat itu kondisi kucing sedang tenang dan senang. Mandikan dengan air hangat dan cara-cara yang lembut agar kucing tenang. Jangan lupa untuk mengeringkan kucing dengan handuk yang lembut, hangat, dan bersih.

Selanjutnya: Bagaimana Cara Kucing Berkomunikasi? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News