HOME, Santai

5 Hal yang Bakal Terjadi Jika Tidak Bersihkan Makeup Sebelum Tidur!

5 Hal yang Bakal Terjadi Jika Tidak Bersihkan Makeup Sebelum Tidur!

MOMSMONEY.ID - Make up kerap digunakan para wanita dalam menghadiri beberapa acara maupun pergi ke luar rumah.

Jika Anda merupakan pengguna make up yang aktif, maka membersihkan make up merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan sebelum tidur. 

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Urutan Pakai Skincare Sebelum Makeup yang Tepat

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus membersihkan make up sebelum tidur.

Resiko jerawat

Alasan utama harus membersihkan make up sebelum tidur adalah untuk menghindari resiko timbulnya jerawat. Melansir dari laman Neutrogena, kebanyakan make up terbuat dari bahan oil-based yang dapat menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Resiko breakout pada kulit wajah pun juga bisa terjadi jika sering tidur dengan make up.

Membuat kulit kusam

Kulit kusam juga bisa dipicu karena tidak membersihkan make up sebelum tidur. Kulit biasanya melakukan regenerasi pada malam hari, sehingga tidur dengan make up bisa menjadi penghambat proses regenerasi pada kulit dan membuat kulit menjadi mudah kusam dan tidak segar.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Make Up Awet, Ini Manfaat Lain Es Batu Bagi Wajah

Membuat kulit kering

Kulit yang lama terpapar make up bisa kehilangan kelembapannya. Apalagi malam hari adalah saat dimana kulit sangat butuh untuk dihidrasi. Sisa make up dapat menghambat minyak pelembab alami dari dalam kulit untuk bertugas untuk melembabkan kulit saat malam hari.

Resiko penuaan

Melansir dari laman West Lake Dermatology, tidur dengan make up dapat mempercepat resiko penuaan kulit. Hal tersebut disebakan karena banyaknya eksposure dari produk anti radikal yang terkandung pada make up. Exposure tersebut merupakan menghambat pertumbuhan kolagen yang bisa memicu munculnya garis halus dan keriput sebagai tanda penuaan dini.

Iritasi pada bagian mata

Tidur dengan menggunakan make up dapat membuat gesekan yang terjadi diantara make up dan bantal, termasuk pada bagian mata. Produk make up mata yang digunakan saat tidur dapat membuat gesekan antara bantal dan bagian mata yang kemudian dapat mengakibatkan iritasi. Selain itu, mascara yang menempel pada bagian bulu mata juga dapat membuat bulu mata rentan patah dan menipis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News