Keluarga

5 Hal Sederhana yang Bisa Membantu Mengatasi Stres dengan Cepat

5 Hal Sederhana yang Bisa Membantu Mengatasi Stres dengan Cepat

MOMSMONEY.ID - Stres bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi kebanyakan orang meskipun itu hanya berlangsung sesaat. Stres secara negatif memengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh manusia. Dengan demikian, stres dapat menyebabkan kecemasan, gangguan tidur, iritasi kulit, hingga memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya berdampak bagi diri sendiri, stres juga bisa merenggangkan hubungan dengan orang lain dan bahkan membuat orang lain ikut merasa stres akibat perasaan lekas marah yang timbul tatkala stres. Tentu Anda tidak ingin stres yang Anda alami menghancurkan segalanya bukan, Moms?

Untuk membantu Anda mengatasi stres dengan cepat, ada 5 hal sederhana yang bisa Anda lakukan. Melansir Replenish Health, inilah 5 hal sederhana yang bisa membantu mengatasi stres dengan cepat.

Baca Juga: 5 Pilihan Teh Terbaik untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

1. Bernapas dalam-dalam

Saat stres melanda, berikanlah diri Anda waktu sejenak dan bernapaslah dalam-dalam. Latihan pernapasan dalam telah terbukti mampu membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan relaksasi, dan menghilangkan stres.

Beberapa latihan pernapasan dalam yang bisa Anda praktikkan untuk membantu mengatasi stres adalah sebagai berikut:

  • Sama vritti atau equal breathing
  • Abdominal breathing technique
  • Nadi shodhana atau alternate nostril breathing
  • Kapalabhati atau skull shining breath
  • Progressive relaxation
  • Guided visualization

2. Pergi ke luar

Menurut penelitian, menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan daya ingat dan rentang perhatian lho. Ketika Anda beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari bisa meningkatkan suasana hati dan membantu produksi alami vitamin D dalam tubuh Anda.

Jadi, sempatkanlah untuk berjalan-jalan di luar ruangan walaupun sebentar tatkala Anda merasa stres. Kendati sederhana, faktanya kegiatan outdoor menawarkan manfaat yang luar biasa dalam membantu mengatasi stres dengan cepat.

3. Mewarnai

Bertentangan dengan kepercayaan yang mengatakan bahwa mewarnai tidak lebih dari kegiatan iseng, nyatanya mewarnai benar-benar bisa menjadi alat penghilang stres yang hebat. Pada saat Anda berkonsentrasi pada objek yang harus diwarnai, itu dapat mendorong kekhawatiran, kecemasan, dan stres ke belakang pikiran Anda.

Apabila Anda suka menggambar dan tidak ingin menggunakan buku mewarnai, Anda bisa membuat gambar dan sketsa yang diinginkan atau mewarnai apapun sesuka hati Anda.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Membantu Anda Menjaga Kesehatan Jiwa

4. Mendengarkan musik

Studi menunjukkan bahwa musik dapat digunakan sebagai intervensi untuk menghilangkan kecemasan, stres, dan rasa sakit. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menyalakan musik favorit Anda saat Anda sedang bersiap-siap di pagi hari, bepergian, membersihkan rumah, atau berolahraga karena hal ini mampu membantu menghilangkan stres dan membuat Anda merasa rileks.

Namun, berhati-hatilah dalam memilih genre musik yang akan Anda putar. Pasalnya, musik dapat memengaruhi suasana hati dan mendengarkan musik yang agresif mungkin bukan pilihan terbaik.

5. Tertawa

Siapa sangka bahwa tertawa dapat menurunkan keberadaan hormon stres kortisol dan adrenalin dalam tubuh. Dengan tertawa, Anda akan terbantu untuk merasa lebih rileks dan tenang.

Jika suatu hari Anda merasa stres dan kebetulan memiliki banyak waktu luang, ajaklah teman atau anggota keluarga Anda yang lucu untuk minum kopi sembari bercanda. Atau, tontonlah video lucu di YouTube apabila Anda ingin menghabiskan waktu seorang diri.

Itulah 5 hal sederhana yang bisa membantu mengatasi stres dengan cepat. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News