Santai

5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Dirilis, Bisa Berbagi Layar hingga Ada Username

5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Dirilis, Bisa Berbagi Layar hingga Ada Username

MOMSMONEY.ID - WhatsApp selalu memberikan inovasi untuk kemajuan dan kepuasan pengguna. Terdapat lima fitur baru WhatsApp yang bakal dirilis oleh Meta. 

Lima fitur baru WhatsApp tersebut di antaranya fitur berbagi layar hingga opsi penambahan username. 

Seperti diketahui, baru-baru ini WhatsApp juga mengumumkan beberapa fitur baru, termasuk kunci obrolan, edit pesan terkirim dan lain-lain. 

Meski demikian, lima fitur baru WhatsApp yang bakal dirilis masih belum diketahui kapan akan diluncurkan. 

Baca Juga: 3 Cara Mencari Efek di Instagram, Begini Menambahkan ke IG Story

Mengutip India Today, berikut ini 5 fitur baru WhatsApp yang bakal dirilis:

1. Nama pengguna atau username

WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan nama pengguna ke akun mereka. 

Melansir WaBetaInfo, WhatsApp sedang mengerjakan fitur nama pengguna yang akan memberi pengguna alternatif untuk menampilkan nomor telepon. 

Fitur ini akan memberi pengguna opsi untuk menyembunyikan nomor telepon mereka, sehingga hanya nama pengguna yang dapat dilihat oleh orang lain.

Dengan diperkenalkannya fitur ini, platform milik Meta akan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan nama pengguna alih-alih mengungkapkan nomor telepon mereka.

Fitur ini juga akan memberikan lapisan keamanan tambahan untuk akun pengguna.

Fitur ini masih dalam pengembangan dan akan tersedia untuk lebih banyak penguji beta di pembaruan mendatang.

Setelah tersedia, fitur nama pengguna akan dapat diakses melalui bagian khusus di menu Pengaturan WhatsApp > Profil.

2. Berbagi layar

WhatsApp Business

WhatsApp juga berencana untuk menambahkan fitur berbagi layar baru yang memungkinkan pengguna berbagi layar ponsel mereka selama panggilan video. 

Dengan diperkenalkannya fitur baru ini, pengguna WhatsApp akan dapat membagikan layar mereka selama panggilan video melalui ikon khusus di tampilan kontrol panggilan.

Fitur tersebut akan bekerja mirip dengan fitur berbagi layar yang tersedia di Google Meet dan zoom. 

Setelah diaktifkan, peserta panggilan video akan dapat melihat dan merekam konten yang ditampilkan oleh penerima.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pengguna WhatsApp akan memiliki kontrol penuh atas fitur ini dan dapat menghentikan berbagi layar kapan saja, meskipun konten layar mereka sedang dikirim selama panggilan video.

Selanjutnya, berbagi layar hanya akan diaktifkan jika pengguna memberikan persetujuan untuk berbagi konten layar.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan, Simak Tips Mudah Ini

3. Pengingat kata sandi

Meta akan segera menambahkan fitur pengingat kata sandi untuk pengguna Android dan iOS.

Fitur tersebut akan membantu pengguna memastikan keakuratan kata sandi cadangan terenkripsi mereka dan mengubahnya jika ada kesalahan.

Dengan menyiapkan kata sandi pribadi atau kunci enkripsi unik 64 digit, pengguna akan dapat melindungi cadangan mereka dengan enkripsi ujung ke ujung.

Laporan tersebut menyoroti bahwa data terenkripsi ini hanya akan dapat diakses oleh pengguna, dan baik WhatsApp maupun penyedia layanan cadangan (Apple dan Google) tidak akan dapat membaca cadangan terenkripsi atau mengakses kunci pembuka kunci.

4. Draf bahasa dan pesan aplikasi

WhatsApp juga menguji fitur baru dengan pengguna beta yang memungkinkan mereka mengubah bahasa aplikasi dan menyediakan filter konsep pesan. 

Fitur saat ini tersedia untuk memilih pengguna Windows beta dan memungkinkan mereka menggunakan aplikasi dengan nyaman dalam bahasa selain bahasa default mereka.

Pengguna yang memiliki akses ke fitur ini dapat mengubah bahasa aplikasi, meskipun berbeda dengan bahasa sistem mereka. 

Baca Juga: Cara Mengatasi WA Me Settings yang Bikin WhatsApp Eror, Hati-hati Klik Tautan Viral

5. Arsip Status untuk bisnis

WhatsApp juga memperkenalkan fitur baru yang disebut "Arsip Status" untuk bisnis. Fitur ini akan memungkinkan bisnis untuk berbagi pembaruan status sebelumnya dengan pelanggan mereka. 

Fitur ini saat ini diluncurkan untuk penguji beta WhatsApp Business untuk Android, dan akan tersedia untuk semua orang di pembaruan mendatang.

Wabetainfo merinci bahwa fitur pengarsipan status sedang dirilis untuk menyempurnakan tab Status platform. 

Setelah fitur diperbarui di WhatsApp, pengguna akan diberi tahu tentang fitur yang sedang aktif untuk akun WhatsApp mereka. 

Saat diaktifkan, pembaruan status pengguna akan diarsipkan di perangkat mereka setelah 24 jam.

Selain itu, pengguna WhatsApp Business akan dapat mengelola preferensi arsip mereka dan melihat status arsip mereka langsung dari menu di dalam tab Status. 

Pembaruan status yang diarsipkan akan disimpan di perangkat selama 30 hari, memungkinkan bisnis untuk terus menggunakannya untuk beriklan di Facebook dan Instagram atau membagikannya hingga kedaluwarsa dalam arsip.

Khususnya, status yang diarsipkan akan tetap bersifat pribadi untuk semua orang dan hanya dapat diakses oleh masing-masing bisnis untuk meninjau pembaruan status yang diarsipkan.

Itulah lima fitur baru WhatsApp yang bakal dirilis nantinya. Ke depan pengguna akan memilih username untuk WhatsApp dan bisa berbagi layar seperti Zoom dan Google Meet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News