Santai

5 Fitur Baru WhatsApp, Kini Pengguna Bisa Bikin Status WA Pakai Rekaman Suara

5 Fitur Baru WhatsApp, Kini Pengguna Bisa Bikin Status WA Pakai Rekaman Suara

MOMSMONEY.ID - WhatsApp telah memperkenalkan sejumlah pembaruan pada fitur statusnya. Salah satu fitur baru WhatsApp yaitu pengguna bisa bikin status WA pakai rekaman suara. 

Seperti voice note, pengguna bisa mengirimkan rekaman suara itu untuk dijadikan status WhatsApp. Fitur baru WhatsApp ini tentunya akan semakin memudahkan pengguna. 

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa fitur baru WhatsApp yang telah dirilis. Fitur baru WhatsApp ini membuat pengguna semakin antusias. 

WhatsApp juga telah mengumumkan lima tambahan lainnya untuk fitur Status yang meliputi pemilih audiens pribadi, reaksi status, cincin profil, pratinjau tautan pada status, dan banyak lagi.

Baca Juga: Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon? Simak Cara Aktifkan Panggilan Suara dan Video

Mengutip Indiatoday, berikut 5 fitur baru WhatsApp yang sudah bisa Anda nikmati.

1. Bisa pilih penonton status WA

Terkadang, saat Anda memposting status di WhatsApp, Anda tidak ingin semua orang melihatnya. 

Sekarang dengan Pemilih Pemirsa Pribadi WhatsApp, Anda akan mendapatkan fleksibilitas untuk memperbarui pengaturan privasi Anda per status, sehingga Anda dapat memilih siapa yang melihat status Anda setiap kali Anda memperbaruinya.

Pilihan audiens terbaru Anda akan disimpan dan digunakan sebagai default untuk status berikutnya. Anda dapat mengubahnya jika ingin semua orang melihat status Anda.

2. Rekaman suara atau voice status 

Fitur baru Status WhatsApp

Setelah menguji fitur tersebut untuk waktu yang lama, WhatsApp akhirnya meluncurkan kemampuan untuk menempatkan Catatan Suara sebagai status.

Pengguna bisa berbagi pesan suara di status WA hingga 30 detik. Status suara dapat digunakan untuk mengirimkan lebih banyak pembaruan pribadi, terutama jika Anda merasa lebih nyaman mengekspresikan diri dengan berbicara daripada mengetik. 

3. Reaksi status 

WhatsApp juga meluncurkan cara cepat dan mudah untuk menanggapi pembaruan status. Sekarang pengguna dapat bereaksi terhadap pesan menggunakan emoji.

Sekarang Anda dapat dengan cepat membalas status apa pun dengan menggeser ke atas dan mengetuk salah satu dari delapan emoji.

Anda tentu saja masih dapat membalas status dengan teks, pesan suara, stiker, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mudah Bikin Polling di Whatsapp Untuk Absen Grup, Tak Perlu Spam Chat Lagi

4. Pembaruan status di profil

WhatsApp juga telah memperkenalkan cincin profil baru yang tidak akan pernah Anda lewatkan status dari orang yang Anda cintai.

Notifikasi ini akan hadir di sekitar gambar profil kontak Anda setiap kali mereka membagikan pembaruan status. Ini akan terlihat di daftar obrolan, daftar peserta grup, dan info kontak.

5. Pratinjau tautan di status 

Ketika Anda mem-posting tautan pada status Anda, Anda akan secara otomatis melihat pratinjau visual dari konten tautan tersebut, seperti ketika Anda mengirim pesan.

Pratinjau visual membuat status Anda terlihat lebih baik, dan juga memberi kontak Anda gagasan yang lebih baik tentang tautan sebelum mereka mengeklik.

Pembaruan ini telah mulai diluncurkan ke pengguna secara global dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Cara Lacak Lokasi Telegram Seseorang Tanpa Aplikasi, Simak Tipsnya

Selain pembaruan tersebut, WhatsApp juga telah merencanakan beberapa fitur baru sebagai berikut:

1. Kualitas foto asli 

WhatsApp akan segera membiarkan Anda berbagi gambar dalam ukuran aslinya, yang akan menjadi salah satu pembaruan terbesar.

Saat ini, platform memampatkan kualitas gambar karena dua alasan. Fitur ini menghemat data seluler Anda dan bahkan membantu Anda berbagi gambar dengan lebih cepat.

Namun, hal ini mengurangi kualitas gambar sehingga orang-orang menemukan berbagai cara untuk berbagi foto beresolusi tinggi.

WhatsApp bakal segera mempermudah orang untuk tidak melalui langkah ekstra dalam berbagi gambar kelas atas.

Aplikasi ini akan memberikan opsi untuk memilih kualitas asli sebelum berbagi gambar dengan siapa pun.

Fitur tersebut tidak akan tersedia secara default untuk gambar karena ini akan menggunakan banyak data seluler Anda.

Jadi, aplikasi perpesanan kabarnya akan memberikan opsi kualitas sebelum Anda berbagi gambar dengan siapa pun.

Hanya, belum diketahui kapan fitur ini akan tiba. Tapi, WaBetaInfo melaporkan, WhatsApp berencana untuk menawarkan pembaruan di masa mendatang.

Baca Juga: Begini Cara Hapus Instagram Secara Permanen Tanpa Perlu Menunggu Lama

2. Berbagi media meningkat 

WhatsApp sekarang memungkinkan penguji beta berbagi hingga 100 gambar dengan kontak.

Menurut detail yang WaBetaInfo bagikan, orang yang menggunakan aplikasi versi beta dapat berbagi banyak gambar sekaligus.

Saat ini, batasnya ditetapkan menjadi 30 dan jika pengguna WhatsApp memiliki ratusan gambar untuk dibagikan pada suatu acara, maka mereka harus mengulangi proses berbagi gambar karena batas berbagi tersebut cukup rendah.

Batas 100 dapat memberikan kelegaan besar bagi mereka yang suka mengklik banyak foto dan bertukar dengan teman di WhatsApp.

Fitur tersebut telah terlihat di pembaruan Android 2.23.4.3 beta terbaru. Hal yang sama akan tersedia untuk semua pengguna di pembaruan mendatang, sesuai sumber yang dikutip.

WhatsApp akan memungkinkan Anda mentransfer riwayat obrolan ke ponsel Android baru tanpa menggunakan Google Drive. Pengguna hanya dapat menggunakan kode QR untuk mentransfer obrolan.

Jadi, seseorang tidak perlu mencadangkan obrolan ke Google Drive terlebih dahulu dan kemudian melalui metode transfer.

Tangkapan layar yang dibagikan oleh WabetaInfo mengungkapkan bahwa orang hanya perlu membuka bagian transfer obrolan di aplikasi (di ponsel baru) dan menggunakan kamera ponsel lama untuk memindai kode QR yang akan terlihat di perangkat baru.

Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis untuk WhatsApp versi stabil. Cuma, menurut sumber WaBetaInfo, WhatsApp berencana untuk menawarkan pembaruan ini di pembaruan mendatang. Namun, waktu peluncuran yang tepat tidak diketahui

Nah, itulah informasi mengenai fitur baru WhatsApp yang saat ini bisa mengirimkan rekaman suara untuk dijadikan status WA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News