HOME, Bugar

5 Faktor Penyebab Kegemukan! Hati-hati Nomor 2 Paling Sering Dilakukan

5 Faktor Penyebab Kegemukan! Hati-hati Nomor 2 Paling Sering Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Lemak yang berkumpul dan membuat tubuh menjadi gemuk merupakan hal yang menyebalkan. Kegendutan berlebih menjadi satu hal yang harus dihindari karena bisa memberikan efek samping buruk bagi kesehatan.

Tipe kegendutan ada dua macam yaitu visceral dan subcutaneous, Kegendutan visceral adalah salah satu kegendutan yang bisa membawa efek buruk bagi kesehatan karena lemak menumpuk di area organ penting seperti hati dan di bagian perut lainnya.

Baca Juga: 6 Buah Wajib yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sedangkan subcutaneous adalah kegendutan yang terjadi di area bawah kulit dan tidak membahayakan kesehatan.

Setelah mengetahui jenis dan tipe gendut, ada baiknya juga mengetahui penyebab dan faktor munculnya kegendutan berikut ini.

Makanan manis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan dan minuman manis merupakan penyebab umum munculnya kegendutan. Tingginya kadar gula pada makanan dan minuman manis bisa memicu naiknya berat badan dan menumpuknya lemak visceral yang berbahaya bagi tubuh.

Kurang gerak

Laman Health Line menjelaskan bahwa kurangnya gerak dan minimnya aktivitas gerak menjadi faktor utama munculnya berbagai penyakit.

Kegiatan seperti duduk terlalu lama, menonton tv seharian, dan bermain games seharian bisa menjadi penyebab munculnya kegendutan. Tentu saja karena kalori dan lemak dalam tubuh terlalu banyak ditumpuk dan tidak dibakar.

Baca Juga: Catat! Inilah Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

Menopause

Berat badan yang naik setelah mengalami menopause merupakan hal yang umum terjadi. Perubahan hormone esterogen secara alami dan perpindahan penyimpanan lemak menjadi penyebab utamanya.

Lemak yang sebelumnya di simpan di area panggul dan paha untuk mempersiapkan kehamilan secara alami berpindah dan di simpan di area abdomen atau area perut.

Kurang tidur

Buruknya kualitas tidur juga menjadi penyebab munculnya kegemukan. Laman Medical News Today menyatakan bahwa tidur yang singkat bisa mempengaruhi peningkatan makanan yang masuk ke dalam tubuh yang kemudian menumpuk di area perut.

Stress

Hormon stress bisa menyebabkan seseorang mengalami emotional eating yang memicunya untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan dari yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kalori dan lemak menumpuk di area perut dan area lainnya juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News