CLOSE [X]
ads

5 Fakta Menarik Tentang Gigi Anjing. Simak Penjelasannya di Sini!

Sumber: Purplebon,Petmd
Jumat, 20 Mei 2022 | 10:15 WIB
5 Fakta Menarik Tentang Gigi Anjing. Simak Penjelasannya di Sini!

ILUSTRASI. 5 Fakta Menarik Tentang Gigi Hewan Anjing


MOMSMONEY.ID - Ketika memelihara hewan anjing, Anda tentu memerlukan banyak informasi seputar kehidupan mereka. Bagaimana pun, informasi-informasi tersebut akan membantu Anda dalam merawat anjing di rumah. Salah satu hal yang tak boleh terlewat adalah informasi tentang gigi mereka.

Bagi anjing, gigi sama pentingnya dengan organ pencernaan lain. Sebab, anjing menggunakan gigi untuk mengambil makanan, membantu mengambil sesuatu, mengunyah, dan bahkan mempertahankan diri dari musuh.

Agar Anda lebih memahami tentang gigi anjing, dilansir dari Petmd, berikut 5 fakta menarik tentang gigi anjing.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sisir Bulu Hewan Peliharaan yang Mudah Digunakan

Anjing Memiliki Dua Set Gigi Seumur Hidupnya

Sama seperti anak manusia yang memiliki gigi susu, gigi anak anjing juga akan tanggal dan digantikan dengan gigi anjing dewasa.

Dr. Donald Beebe, spesialis bersertifikast dewan di kedokteran gigi hewan dan direktur rumah sakit di Apex Dog and Cat Dentistry di Englewood, Colorado mengatakan, gigi anak anjing juga dikenal sebagai gigi sulung atau gigi susu yang berfungsi seperti gigi anjing dewasa.

Tetapi dalam skala yang lebih kecil. Mulai sekitar usia 4 bulan hingga 6 bulan gigi sulung mulai terkelupas. Dibandingkan dengan anak manusia yang mana prosesnya berlangsung selama bertahun-tahun, pada anak anjing transisinya sangat cepat dalam hitungan minggu.

Selain perbedaan tersebut, ada juga persamaan antara gigi anjing dan manusia. Dilansir dari Purplebone, sama seperti Anda, gigi anjing terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan ini terdiri dari pulpa, dentin, sementum, dan email. Masing-masing lapisan ini berkontribusi pada kekuatan dan vitalitas gigi secara keseluruhan.

Anjing Dewasa Memiliki Lebih Banyak Gigi daripada Manusia

Meski anak anjing hanya memiliki 28 gigi susu, tetapi ketika dewasa jumlahnya menjadi lebih banyak. Anjing dewasa memiliki 42 gigi, yang terdiri dari 22 gigi di bawah dan 20 di atas. Sementara manusia dewasa hanya memiliki 32 gigi. Gigi anjing dewasa ini mulai tumbuh antara usia 3-7 bulan dan setelah gigi susu tergantikan.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru