5 Fakta Menarik Festival Film Cannes 2021 yang Sedang Berlangsung

Sumber: Festival de Cannes 2021
Rabu, 07 Juli 2021 | 08:59 WIB
5 Fakta Menarik Festival Film Cannes 2021 yang Sedang Berlangsung

ILUSTRASI. Media mengarahkan kamera mereka ke poster raksasa yang menampilkan Spike Lee saat para pekerja memasangnya di fasad istana festival, menjelang Opening Ceremony Festival Film Cannes 2021, di Cannes, Perancis, Minggu (4/7/2021). REUTERS/Eric Gaillard

MOMSMONEY.ID - Festival Film Cannes 2021 yang diselenggarakan sejak 6 Juli – 17 Juli 2021 ini menarik perhatian dunia. Pasalnya, Festival Film ini diadakan di masa pandemi Covid-19 untuk pertama kalinya setelah 2020 lalu dibatalkan.

Dirangkum dari Festival-cannes.com, kira-kira fakta apa sajakah yang menarik pada Festival Film Cannes 2021 ini? Ini dia selengkapnya!

Tertunda selama 14 bulan

Di tahun 2020, Festival Film Cannes mengalami penundaan dari jadwal seharusnya, yakni 12-23 Mei 2020.

Pada tahun 2021 ini pun Festival Film Cannes sempat mengalami penundaan selama 2 bulan lamanya. Rencananya Festival Film ini akan diadakan pada Mei. Namun akhirnya tertunda dan baru bisa diadakan pada Juli tahun ini.

Baca Juga: You Are My Spring Tayang 5 Juli, Berikut 4 Drama Korea Terbaru di Bulan Ini

Protokol Kesehatan Super Ketat!

Para peserta yang hadir pada Festival Film Cannes 2021 akan melakukan tes Covid-19 setiap 48 jam sekali.

Selain itu, hal wajib berikutnya adalah masker. Pasalnya, para penonton diperbolehkan duduk bersebelahan sehingga masker tidak boleh dilepas.

Ada 9 Juri yang Akan Menilai, Salah satunya Song Kang-Ho

Mengutip dari Festival-Cannes.com, terdapat 9 dewan juri dari berbagai negara mewakili setiap benua. Kesembilan dewan juri ini menerima hak istimewa untuk mengetahui 24 film dalam kategori Feature Films dalam festival ini. Kesembilan dewan juri ini di antaranya:

  • Spike Lee (pemimpin juri Festival Film Cannes 2021): Amerika Serikat
  • Mati Diop: Prancis-Senegal
  • Milene Farmer: Kanada-Prancis
  • Maggie Gyllenhaal: Amerika Serikat
  • Jessica Hausner: Austria
  • Melanie Laurent: Prancis
  • Kleber Mendonca Filho: Brazil
  • Tahar Rahim: Prancis
  • Song Kang-Ho: Korea Selatan

Nama Song Kang-Ho sendiri meledak setelah Film Parasite mendunia pada 2019 lalu. Ia merupakan tokoh utama pada film tersebut. Dan kini, Song Kang-Ho resmi menjadi salah satu dewan juri pada Festival Film Cannes 2021.

Kembalinya Bong Joon Ho ke Cannes

Pada 2019 lalu, Bong Joon Ho sang sutradara Film Parasite hadir dalam Festival Film Cannes 2019. Ia memenangkan piala Palme d’Or Cannes 2019 yang merupakan penghargaan tertinggi pada ajang tersebut.

Kini, Bong kembali hadir di Festival Film Cannes 2021 sebagai tamu spesial yang hadir pada Opening Ceremony 6 Juli 2021 kemarin.

Bong akan hadir pada hari ini (7 Juli 2021) di Teater Buñuel, The Palais des Festivals dan mempersembahkan “Rendez-vous with…” dalam pemberian penghargaan nantinya.

Baca Juga: Banyak Tontonan Korea di Netflix Bulan Juli, BIGBANG Made The Movie Tayang Hari Ini

Bisa Disaksikan Langsung melalui Youtube Official

Masih dari Festival-Cannes.com, rencananya seluruh rangkaian acara dalam Festival Film Cannes 2021 bisa disaksikan langsung melalui kanal youtube official Festival de Cannes (Officiel). Bahkan sejak pukul 23.00 WIB malam tadi pun ditayangkan Opening Ceremony secara live streaming.

Kegiatan ini nantinya akan menampilkan seluruh rangkaian peristiwa, termasuk upacara penghargaan yang akan ditayangkan pada:

  • 15 Juli: Upacara penghargaan The Cinefondation di Teater Buñuel
  • 16 Juli: Upacara penghargaan The Un Certain Regard di Teater Debussy
  • 17 Juli: Seluruh penghargaan Festival Cannes ke-74 secara online dan Closing Ceremony

Untuk Closing Ceremony akan ditayangkan terpisah pada Canal+ secara live dan eksklusif.

Selanjutnya: BTS Puncaki Billboard Hot 100 6 Minggu berturut-turut

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru