HOME, Keluarga

5 Fakta Kucing Ras Persia yang Jarang Orang Tahu

5 Fakta Kucing Ras Persia yang Jarang Orang Tahu

MOMSMONEY.ID - Banyak orang memilih kucing untuk dipelihara. Selain karena tingkahnya yang lucu dan wajah menggemaskan, kucing termasuk hewan yang mudah dirawat. Salah Satunya adalah kucing persia.

Kucing persia adalah salah satu ras kucing yang populer dipelihara di Indonesia. Ras persia memiliki bulu yang panjang dan lebar. Wajahnya juga khas dengan hidung pesek dan bermata lebar. Selain hal-hal tersebut, kucing persia juga memiliki fakta-fakta lain yang jarang banget orang tahu. Penasaran?

Baca Juga: Kucing Anda Tak Nafsu Makan? Pahami Faktor Penyebabnya

Salah Satu Kucing Ras Tertua di Dunia

Sebenarnya, ada banyak jenis ras kucing di dunia. Akan tetapi, banyak yang merupakan ras campuran. Sementara itu, kucing persia adalah ras yang paling tertua. Seperti namanya, kucing ini ditemukan pertama kali di Persia (sekarang Iran) dan di bawa ke Eropa pada tahun 1620-an. Hingga kini, kucing persia masih dijadikan hewan peliharaan yang populer.

Punya Ras dan Keturunan yang Beragam

Saat ini, perkawinan silang antara satu ras kucing dengan ras lain adalah sesuatu yang biasa. Oleh karena itu, ada banyak jenis ras baru. Salah satunya berasal dari ras persia. Ciri-cirinya pun hampir menyerupai kucing persia, seperti berbulu panjang, bentuk tubuh, dan warna bulunya. Beberapa ras kucing keturunan persia adalah persia himalaya, persia eksotis, dan persia medium.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Kucing Akan Mati

Tak Semua Berwajah Datar

Kucing persia paling dikenal karena wajahnya yang datar, tetapi Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kucing persia tidak selalu memiliki wajah yang datar. Dilansir dari The Spruce, mereka tidak mengembangkan sifat unik ini sampai mutasi genetik terjadi pada anak kucing pada 1950-an.

Pertama kali kucing persia berwajah datar lahir (peaknose), peternak menyukainya dan terus membiakkannya. Wajah ini kemudian dikenal umum di dunia sebagai kucing persia. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang sering dialami oleh persia, seperti mata berair, kesulitan bernapas, dan kesulitan makan.

Tak Bisa Melompat Tinggi

Kucing persia kucing yang pendiam, tetapi ternyata mereka tidak pandai melompat juga seperti kucing yang lain. Alasannya karena tubuh padatnya tidak gesit dan kebanyakan kakinya juga pendek.

Pemenang Kontes Kucing Pertama Kali di Dunia

Kontes kucing peliharaan pertama kali diadakan pada tahun 1871 di Crystal Palace London. Acara tersebut hampir menarik 20.000 pengunjung. Dalam kontes tersebut, sejumlah ras kucing eksotis dipamerkan, seperti kucing anggora, kucing siam, kucing liar skotlandia, dan kucing persia. Seekor kucing persia kemudian berhasil membawa pulang emas dan diberi nama “Best in Show”.

Selanjutnya: Jangan Sembarangan Kasih Makan Apel ke Anjing Peliharaan, Simak Tips Berikut Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News