Keluarga

5 Essential Oil yang Ampuh Mengusir Nyamuk

5 Essential Oil yang Ampuh Mengusir Nyamuk

MOMSMONEY.ID - Mau mengusir nyamuk secara alami? Ini 5 essential oil yang ampuh untuk mengusir nyamuk dan bisa Anda coba di rumah.

Gigitan nyamuk bisa sangat menyebalkan karena dapat membuat kulit gatal-gatal, kemerahan, dan bergelombang. Jika dibiarkan, spesies nyamuk tertentu yang menyerang bisa membawa berbagai penyakit seperti malaria dan DBD.

Untuk mengusirnya, semprotan anti-nyamuk memang cukup membantu. Akan tetapi, produk tersebut sebaiknya dihindari karena kandungan bahan kimia berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba 5 essential oil yang ampuh mengusir nyamuk, seperti direkomendasikan oleh Healthline berikut ini:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sabun Wajah Pria untuk Kulit Kering dan Kusam, Harga di Bawah Rp100.000

1. Lavender oil

Essential oil untuk mengusir nyamuk adalah lavender oil. Sebuah penelitian dari tahun 2002 pada tikus tak berbulu menemukan bahwa lavender oil efektif untuk mengusir nyamuk dewasa.

Lavender memiliki kualitas analgesik, anti-jamur, dan antiseptik yang bisa mencegah gigitan nyamuk serta menenangkan dan menyejukkan kulit.

Anda dapat menggunakan lavender oil untuk mencegah gigitan nyamuk dengan cara meneteskannya sedikit pada kain bersih kemudian gosokkan ke kulit.

2. Cinnamon oil

Essential oil yang ampuh mengusir nyamuk selainjutnya adalah cinnamon oil. Menurut sebuah penelitian di Taiwan, cinnamon oil dapat membunuh telur nyamuk.

Cinnamon oil juga bisa bertindak sebagai penolak nyamuk dewasa terutama nyamuk macan Asia.

Campurkan ¼ sendok teh atau 24 tetes cinnamon oil dengan 4 ons air. Masukkan ke botol semprot lalu semprotkan ke kulit, pakaian, sekitar rumah, gorden, atau tanaman. Sebaiknya, jangan mengoleskan cinnamon oil utuh karena dosis yang pekat dapat mengiritasi kulit.

3. Tea tree oil

Dikenal memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan anti-inflamasi, tea tree oil mampu bertindak sebagai penolak serangga yang efektif, menurut penelitian.

Pengujian lapangan menunjukkan bahwa penolak serangga yang mengandung tea tree oil efektif untuk melawan nyamuk, lalat semak, dan hama.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 5 Essential Oil yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak

4. Neem oil

Sebuah studi tahun 2015 tentang keefektifan neem oil di Ethiopia menemukan bahwa neem oil menawarkan lebih dari 70% perlindungan terhadap nyamuk selama 3 jam.

Untuk mengusir nyamuk dengan neem oil, encerkan terlebih dahulu 50-100 ml neem oil ke dalam air atau lotion sebelum digunakan.

Pastikan untuk memilih extra virgin neem oil dengan kategori cold-pressed ya, Moms.

5. Lemon eucalyptus oil

Lemon eucalyptus oil merupakan salah satu penolak nyamuk alami yang populer dan sudah digunakan sejak tahun 1940-an.

Centers for Disease Control and Prevention bahkan telah menyetujui lemon eucalyptus oil sebagai bahan yang efektif untuk mengusir nyamuk. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa campuran 32% lemon eucalyptus oil mampu memberikan lebih dari 95% perlindungan terhadap nyamuk selama 3 jam.

Campurkan lemon eucalyptus oil dengan sunflower oil atau witch hazel dengan perbandingan 1:10 untuk membantu mengusir nyamuk. Namun, ingat-ingat untuk tidak menggunakan campuran tersebut pada anak di bawah usia 3 tahun.

Itulah 5 essential oil yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News