Santai

5 Efek Samping Gunakan Cuka Apel Berlebihan, Bisa Bikin Iritasi Kulit lo

5 Efek Samping Gunakan Cuka Apel Berlebihan, Bisa Bikin Iritasi Kulit lo

MOMSMONEY.ID - Walau dikenal baik dan memberikan banyak manfaat, ternyata ada beberapa efek buruk dari mengkonsumsi cuka apel.

Apple cider vinegar atau cuka apel banyak digunakan untuk program diet atau obat untuk beberapa penyakit.

Salah satu manfaatnya adalah dikenal mampu membantu menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah maupun kadar kolesterol.

Baca Juga: Ingin Menumbuhkan Rambut Secara Alami? Mulai Konsumsi 5 Makanan Ini Saja

Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, ternyata cuka apel bisa menimbulkan efek dan dampak buruk bagi tubuh.

Coba ketahui dampak buruk dan efek yang mungkin muncul dari terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel ini, yuk:

Gangguan pada perut

Bagi yang tidak tahan dengan rasa asam dari cuka apel, maka gangguan perut parah pun bisa terjadi, seperti kembung. Cuka memiliki sifat asam yang tentunya tak selalu cocok pada semua perut dan sistem pencernaan seseorang.

Hindari mengonsumsi cuka apel secara langsung, ada baiknya untuk menggunakannya dengan mencampur pada minuman dengan porsi sedikit.

Tujuannya, agar tidak melukai sistem pencernaan lambung, terutama bagi yang memiliki gangguan sistem pencernaan atau masalah pada perut.

Merusak enamel gigi

Laman Health Line menjelaskan, segala jenis makanan atau minuman asam bisa merusak kesehatan gigi. Acetic acid atau zat asam pada cuka apel bisa menguras enamel gigi dan memicu pengurangan mineral yang menyebabkan gigi rusak.

Kondisi ini pun bisa menjadi lebih parah jika mengonsumsi cuka apel secara langsung tanpa dilarutkan pada minuman atau air terlebih dahulu.

Baca Juga: Mengenal Nasi Konjac, yang Bikin Pemeran Drakor The Glory Song Hye-kyo Langsing

Kadar potasium rendah dan keropos tulang

Efek samping lain yang mungkin muncul karena terlalu banyak mengonsumsi cuka apel adalah keropos tulang. Sebuah penelitian menyatakan, cuka apel bisa membuat kadar potasium dalam tubuh menjadi rendah.

Hal tersebut memicu masalah pada kekuatan tulang dan membuatnya keropos. Kadar potasium yang rendah dalam darah tersebut bisa disebabkan karena mengonsumsi cuka apel atau apple cider vinegar dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Iritasi kulit

Bagi yang menggunakan campuran air dan cuka apel untuk mandi, masalah gangguan iritasi kulit mungkin saja bisa terjadi.

Melansir dari laman Women’s Health, penggunaan cuka apel dalam dosis yang tinggi atau terlalu banyak sebagai campuran air mandi bisa memicu iritasi serta munculnya rasa terbakar pada kulit.

Alih-alih ingin membersihkan kulit dari gangguan kulit, iritasi malah akan muncul dan memperparah keadaan kulit. Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan ini.

Memperlambat metabolisme

Dalam beberapa studi dijelaskan, cuka apel bisa memperlambat proses metabolisme dan membuat makanan bertahan lebih lama dalam perut.

Selain itu, berat badan pun juga akan menjadi turun namun hanya sementara karena metabolisme tubuh melambat. Tak ketinggalan, rasa lapar pun juga akan lebih mudah muncul ketika terlalu banyak mengonsumsi cuka apel yang merupakan minuman dengan rendah kalori.

Nah, itulah tadi beberapa dampak buruk dan efek samping yang muncul karena terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel. Mulai perhatikan porsi dan cara aman mengonsumsinya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News