Keluarga

5 Efek Buruk Begadang bagi Kecantikan yang Wajib Anda Tahu, Awas Jerawatan!

5 Efek Buruk Begadang bagi Kecantikan yang Wajib Anda Tahu, Awas Jerawatan!

MOMSMONEY.ID - Catat, inilah 5 efek buruk begadang bagi kecantikan yang wajib Anda tahu.

Dewasa ini, banyak orang rela begadang demi menyelesaikan pekerjaannya. Akibatnya, kebutuhan tidur mereka tidak terpenuhi dengan baik.

Ketika seseorang kurang tidur karena sering begadang, ia akan mengalami peningkatan kortisol dan hormon stres serta kemampuan tubuhnya untuk memperbaiki diri akan terganggu.

Bukan hanya itu, kurang tidur juga sangat besar pengaruhnya bagi penampilan tubuh mulai dari kulit, rambut, hingga kuku.

Lebih jelasnya, berikut 5 efek buruk begadang bagi kecantikan sebagaimana dilansir dari Dermstore.

Baca Juga: 5 Makanan Nabati yang Efektif untuk Meningkatkan Gairah Seks

1. Wajah terlihat lebih tua

Penuaan Dini

Efek buruk begadang bagi kecantikan yang pertama yaitu membuat wajah terlihat lebih tua. Ketika kita tidak cukup tidur akibat begadang, proses penuaan kulit akan dipercepat. Sehingga, kerutan akan muncul dalam waktu yang terbilang dini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur akibat begadang cenderung memiliki lebih banyak kerutan, kulit dehidrasi, pori-pori besar, kemerahan, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Ingat, sel-sel kulit akan beregenerasi saat Anda tidur. Apabila Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, sel-sel tersebut tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri dan Anda pun akan terlihat jauh lebih tua.

2. Jerawatan

Blind Pimple

Efek buruk begadang bagi kecantikan yang kedua yaitu membuat jerawatan. Istirahat malam yang baik merupakan langkah penting untuk dibiasakan apabila Anda menginginkan kulit yang bebas jerawat.

Sebaliknya, jika Anda gemar begadang, itu akan membuat Anda kurang tidur dan memancing kedatangan jerawat.

Mengapa demikian? Karena, kurang tidur telah dikaitkan dengan disregulasi kekebalan serta peradangan di kulit yang menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan jerawat.

3. Memperburuk kondisi kulit

Kulit Kemerahan

Efek buruk begadang bagi kecantikan yang ketiga yaitu memperburuk kondisi kulit. Seseorang yang memiliki jerawat, psoriasis, rosacea, eksim, atau gangguan peradangan lain sangat disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam per malam.

Ketika Anda begadang, kebutuhan tidur Anda tidak akan tercukupi dengan baik. Kecemasan pun cenderung meningkat dan kondisi kulit yang sedang tidak baik akan semakin memburuk.

Oleh sebab itu, kebiasaan tidur yang sehat, olahraga, dan makan makanan bernutrisi perlu dijaga dengan baik oleh orang-orang yang memiliki permasalahan kulit khususnya yang berkaitan dengan peradangan.

Baca Juga: 4 Cara Menghadapi Pasangan yang Sedang Cemburu dengan Tepat, Jangan Keliru!

4. Memengaruhi pertumbuhan rambut

Rambut rontok

Efek buruk begadang bagi kecantikan yang keempat yaitu memengaruhi pertumbuhan rambut.

Selain hormon, pola makan, dan penyakit, gaya hidup juga dapat memengaruhi kualitas serta kuantitas rambut.

Gaya hidup tidak sehat seperti begadang bisa meniru respons tubuh terhadap stres. Akibatnya, telogen effluvium atau kerontokan tidak permanen dapat terjadi.

Kemungkinan besar, permasalahan rambut tersebut akan terjadi setelah Anda mengalami suatu peristiwa yang menimbulkan stres pada tubuh seperti kehamilan, penyakit, atau peristiwa kehidupan yang buruk.

5. Merapuhkan kuku

Kuku rapuh

Efek buruk begadang bagi kecantikan yang kelima yaitu merapuhkan kuku. Saat Anda terlalu cemas dan tidak dapat menikmati waktu istirahat sebanyak biasanya, kuku Anda akan sulit tumbuh dengan cara yang sehat. Pada akhirnya, kuku akan menjadi mudah rapuh.

Tatkala stres melanda, itu akan memengaruhi matriks kuku atau tempat kuku diproduksi dan bisa menyebabkan pertumbuhan kuku yang tidak normal.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda mengembalikan kebiasaan sehat salah satunya dengan menghindari begadang.

Itulah 5 efek buruk begadang bagi kecantikan. Supaya penampilan tetap cantik dan awet muda, pastikan Anda membiasakan diri untuk tidur dengan cukup. Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah sebelum tidur guna mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News