HOME, Bugar

5 Cara yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

5 Cara yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Kulit manusia rentan terkontaminasi dengan bakteri dan kotoran. Mengabaikan kesehatan kulit dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Perawatan kulit tentunya tidak hanya mencakup penggunaan produk-produk skin care, tapi juga perawatan dari dalam dengan pola hidup yang sehat.

Dilansir dari Women Health dan Mayo Clinic, berikut ini adalah lima cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

1. Membiasakan pola makan sehat

Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit pertama adalah dengan membiasakan pola makan sehat. Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit.

Tak hanya memenuhi asupan gizi seimbang, pastikan juga menu harian mengandung vitamin dan antioksidan yang memang penting untuk menunjang kesehatan kulit. 

2. Cukup istirahat

Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit kedua adalah cukup istirahat. Mendapatkan cukup tidur juga memberikan kulit waktu untuk istirahat dan memperbaiki sel.

Sebuah studi dalam Jurnal Clinical and Experimental Dermatology menyebutkan, orang yang mendapatkan tidur antara 7 sampai 9 jam saat malam mempunyai kulit yang lebih lembap. 

Tak hanya itu, mendapatkan cukup waktu tidur turut mencegah terbentuknya kantung mata. Selanjutnya, kerusakan pada kulit yang terjadi karena paparan sinar UV dan kulit kusam pun dapat dihindari. 

3. Aktif bergerak

Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit ketiga adalah aktif bergerak. Melakukan aktivitas fisik secara rutin akan membantu menjaga kulit tetap sehat. 

Caranya dengan meningkatkan asupan darah yang kaya nutrisi dan oksigen pada sel kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Aging Cell menyebutkan, tubuh akan melepaskan suatu senyawa yang dinamakan IL-15 ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. 

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Rebusan Kulit Manggis untuk Kesehatan

4. Tidak merokok

Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit ketiga adalah tidak merokok. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit.

Akibatnya, aliran darah akan menurun dan membuat kulit tampak pucat, serta kusam. Merokok juga merusak kolagen dan elastin pada jaringan kulit.

Keduanya merupakan protein penting yang menjaga kulit tetap sehat dan lentur. 

5. Mengelola stres dengan baik

Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit kelima adalah mengelola stres dengan baik agar tidak berdampak pada kesehatan kulit.

Ketika Anda sedang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak alami pada kulit.

Minyak yang berlebihan tentu akan berdampak pada penyumbatan pori-pori kulit dan membuat bakteri terjebak. Inilah mengapa Anda mengalami jerawat. 

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai, atau langsung bercerita pada psikolog apabila Anda membutuhkan saran langsung dari ahlinya. 

Demi mendapatkan penampilan yang bersih dan glowing, Anda tentu perlu menjaga kesehatan kulit dengan cara merawatnya dari luar dan dalam. 

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi guna mendapatkan solusi yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News