HOME, Keluarga

5 Cara Sederhana untuk Menyembuhkan Ruam Popok pada Bayi

5 Cara Sederhana untuk Menyembuhkan Ruam Popok pada Bayi

MOMSMONEY.ID - Ruam popok seperti yang dilansir dari Hello Sehat adalah iritasi berupa ruam kemerahan mengilap yang muncul di area kulit bayi yang tertutup popok. Kondisi ini juga sering disebut sebagai dermatitis popok atau diaper rash.

Selain bisa diobati dengan produk-produk khusus ruam popok, masalah ini juga bisa diatasi dengan pengobatan rumah yang sederhana lho Moms.

Merangkum dari Very Well Family, inilah 5 cara sederhana untuk menyembuhkan ruam popok pada bayi dengan ampuh. Yuk, simak!

Baca Juga: 10 Pilihan Finger Food Bayi Terbaik yang Bisa Moms Berikan untuk Si Kecil

1. Manfaatkan baking soda

Cara pertama yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi ruam popok pada si kecil yakni dengan memanfaatkan baking soda atau soda kue. Campurkan 2 sendok makan baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat. Biarkan bayi berendam di dalamnya tanpa digosok selama sekitar 10 menit, setelah itu keringkan tubuh bayi yang basah dengan handuk yang lembut.

Mandi air hangat dengan campuran baking soda dapat membantu menyembuhkan ruam popok serta mengurangi kemerahan pada area kulit bayi yang mengalami ruam. Selain itu, cara ini juga bisa menenangkan dan mengistirahatkan kulit bayi dari rasa sakit akibat gesekan popok yang mengenai area ruam.

2. Gunakan cuka apel murni

Satu sendok teh cuka apel murni yang diencerkan dengan setengah cangkir air dapat membantu menyembuhkan iritasi pada kulit bayi akibat penggunaan popok. Setelah diencerkan dengan air, Moms bisa mengoleskan sedikit cuka apel ke area ruam dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan waslap bersih.

Kemudian, diamkan sejenak bagian kulit bayi yang sudah diolesi cuka apel hingga mengering dan pakaikan popok kembali seperti biasa. Setelah beberapa hari menggunakan cuka apel, kemerahan pada kulit bayi akan berkurang dan kulit bayi akan terasa lebih lembut.

Meskipun begitu, kandungan cuka apel yang menyengat bisa saja memperparah ruam popok yang bayi alami. Oleh sebabnya, Moms harus berhati-hati ketika melakukan cara ini. Adapun rekomendasi cuka apel yang bisa Moms gunakan adalah cuka apel dari merek Bragg.

3. Oleskan yogurt plain

Yogurt tanpa perasa atau plain dapat menjadi pelembab kulit alami yang bagus untuk membantu menyembuhkan ruam popok. Moms bisa menggunakan yogurt plain tanpa campuran apapun sebagai krim untuk dioleskan ke kulit bayi yang mengalami ruam.

Oleskan yogurt plain bersuhu kamar setiap mengganti popok. Terbilang efektif, Moms sudah bisa melihat hasil dari cara ini hanya dalam waktu sehari. Ajaib bukan?

Baca Juga: Kehabisan Tisu Basah Bayi? Yuk, Buat Sendiri!

4. Beralih ke washcloth

Dibandingkan tisu, washcloth atau waslap jauh lebih ramah untuk digunakan pada kulit bayi yang sensitif. Pasalnya, produk tisu terutama tisu basah dapat mengiritasi kulit bayi akibat banyaknya bahan pengawet yang digunakan pada larutan di dalamnya.

Memanfaatkan washcloth yang dibasahi dengan air bersih biasa dapat membuat kulit bayi lega dan terbebas dari bahan-bahan kimia. Selain itu, dengan menggunakan washcloth basah, kulit bayi juga akan lebih cepat mengering dan ruam yang mereka alami akan mudah untuk sembuh.

5. Biarkan kulit bayi bernapas tanpa popok

Salah satu penyebab utama terjadinya ruam popok adalah kurangnya sirkulasi udara di sekitar kemaluan dan pantat bayi. Oleh sebab itu, Moms disarankan untuk membiarkan kulit bayi yang mengalami ruam untuk bernapas bebas tanpa popok sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Untuk menerapkan cara ini, pastikan ruangan yang bayi tempati cukup hangat lalu baringkan bayi di atas tempat yang sudah dialasi kain bersih yang lembut. Setelah itu, tutupi area tubuh bayi yang telanjang dengan menggunakan selimut lembut. Biarkan bayi dalam kondisi ini selama sekitar 30 menit.

Apabila Moms konsisten melakukan cara ini selama 3-5 hari, ruam popok yang dialami si kecil pun akan jauh lebih cepat untuk sembuh.

Bagaimana, Moms? Ternyata tidak sulit ya untuk menyembuhkan ruam popok. Nah, jika ruam yang anak alami tidak kunjung membaik, jangan tunda lagi untuk segera menghubungi dokter ya Moms.

Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: 4 Gaya Parenting yang Perlu Orangtua Tahu. Moms yang Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News