5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 04 November 2021 | 15:10 WIB
5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

ILUSTRASI. 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung


MOMSMONEY.ID - Cara menjaga kesehatan jantung penting untuk diketahui setiap orang. Pasalnya, penyakit jantung banyak dimiliki bukan hanya karena usia yang mulai menua.

Pola hidup yang tidak sehat pun bisa menjadi sumber penyebab penyakit jantung. Mengutip Heart, mencegah penyakit jantung (dan semua penyakit kardiovaskular) berarti membuat pilihan cerdas yang akan memberikan hasil seumur hidup.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara jaga kesehatan jantung, Anda bisa terapkan cara sehat berikut ini.

Baca Juga: Rutin Minum Teh Melati Bisa Sembuhkan Masalah Kardiovaskular

1. Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air 

Dehidrasi akan memengaruhi kerja jantung. Jika tubuh Anda kekurangan cairan, jumlah darah akan berkurang dan alirannya pun melambat. 

Oleh karena itu, Anda perlu banyak minum air putih. Disamping air putih, Anda juga bisa meminum jus buah atau sayuran segar untuk menunjang kerja jantung.

2. Tidur cukup dan berkualitas

Kurang tidur tidak hanya membuat Moms menguap sepanjang hari tapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam waktu tidur setiap malam. Ini menjadi cara menjaga kesehatan jantung lain yang tak kalah penting.

3. Jaga berat badan ideal

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular yang dapat dimodifikasi. Makanya, Anda harus menjaga berat badan agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Caranya dengan mengatur pola dan porsi makan setiap hari. Konsumsilah makanan bernutrisi yang rendah kalori dan kurangi makanan tinggi garam.

Kombinasikan juga dengan aktivitas fisik setiap harinya agar lemak tubuh tidak menumpuk. 

Baca Juga: Tergolong Super Food, Buah Naga Bisa Menurunkan Berat Badan hingga Darah Tinggi

4. Rutin olahraga dan tetap aktif

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta menjaga berat badan tetap sehat.

Kalau Anda malas gerak, risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular makin tinggi. Makanya, berolahragalah secara rutin, setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu.

5. Kelola dan atasi stres

Stres adalah hal yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh semua orang. Tapi, kalau stres sudah berlebihan dan terjadi dalam waktu yang lama, dapat memengaruhi kerja jantung. 

Saat Anda sedang berada di bawah tekanan, tubuh akan menghasilkan hormon adrenalin. Hormon tersebut membuat jantung bekerja lebih keras.

Hasilnya, dalam jangka panjang tekanan darah bisa meningkat dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada jantung.

Itulah beberapa tips jaga kesehatan jantung beserta faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Kesehatan dan fungsi jantung harus dijaga sedini mungkin untuk menghindari risiko gangguan jantung di kemudian hari. 

Selanjutnya: Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER