HOME, Keluarga

5 Cara Mudah Merawat Kulit Stres, Cukup di Rumah Saja!

5 Cara Mudah Merawat Kulit Stres, Cukup di Rumah Saja!

MOMSMONEY.ID - Stres merupakan suatu kondisi yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Ternyata, ketika seseorang sedang stres maka kulitnya pun akan rentan mengalami berbagai permasalahan seperti jerawat, dark circle di bawah mata, warna kulit tidak merata, hingga garis-garis halus dan kerutan yang tentunya dapat mengganggu penampilan wajah.

Kendati stres pada kulit tidak dapat dihindari, namun ada beberapa cara yang patut Moms coba untuk menenangkan sekaligus mengatasinya.

Dilansir dari BeBeautiful, inilah 5 cara mudah merawat kulit stres yang bisa Moms praktikkan sekarang juga di rumah. Yuk, simak!

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Digital Detox Buat Kesehatan Mental dan Fisik

1. Beralih ke cleanser yang lembut

Cleanser dengan formula yang keras dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan memperburuk kondisi kulit Moms yang sedang stres. Salah satu cara terbaik yang bisa Moms lakukan untuk mencegah kemungkinan itu terjadi ialah dengan beralih menggunakan gentle cleanser.

Pastikan juga bahwa produk cleanser yang Moms pakai bebas paraben serta bebas pewangi. Moms dapat mempertimbangkan cleanser yang mengandung formula menenangkan untuk membantu mengurangi sekaligus menghilangkan kemerahan dan peradangan pada kulit wajah.

2. Masukkan serum ke dalam rutinitas skincare

Serum Wajah

Serum menjadi produk skincare yang cukup banyak digemari oleh khalayak. Apabila sampai detik ini Moms belum pernah menggunakan serum sama sekali, maka sekaranglah saatnya terlebih jika kulit Moms sedang dalam kondisi stres.

Penggunaan serum akan membantu menghidupkan kembali kulit yang stres. Serum dapat Moms manfaatkan untuk membantu menghidrasi dan menutrisi kulit kering serta kusam agar menjadi lembut dan kenyal. Adapun serum yang disarankan untuk Moms pakai adalah serum vitamin C, karena serum jenis ini kaya antioksidan yang berguna untuk membantu melawan polusi, efek buruk sinar matahari, serta penuaan dini.

3. Jangan lupakan moisturizer

Kulit yang sedang stres cenderung menjadi kering dan bersisik. Maka dari itu, pastikan Moms tidak lupa untuk selalu menjaganya agar tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Untuk membantu mengatasi kulit yang stres, Moms tidak boleh melewatkan penggunaan moisturizer.

Moms dapat memilih produk moisturizer yang memiliki tekstur ringan supaya nyaman digunakan sehari-hari. Selalu ingat juga untuk memerhatikan kandungan bahan yang ada di dalamnya. Baiknya, Moms menggunakan moisturizer yang memiliki klaim menghidrasi serta mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit seperti Vitamin E dan Glycerin.

4. Gunakan sheet mask

Produk masker berbentuk sheet mask menjadi kecintaan banyak orang pada saat ini. Selain praktis, sheet mask juga berguna untuk merawat kulit kusam dan stres lho Moms.

Tidak susah dicari, Moms dapat memilih sheet mask apapun yang ada di pasaran untuk membantu menenangkan kulit Moms yang sedang stres. Sebagai rekomendasi, sheet mask dengan kandungan Vitamin E dan bahan alami seperti alpukat cocok untuk Moms pilih. Vitamin E dan alpukat dalam sheet mask yang Moms gunakan akan menutrisi sekaligus menghidrasi kulit Moms secara instan.

5. Lakukan aktivitas yang bisa menghilangkan stres

Spa

Meski stres menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan, namun kondisi ini dapat diatasi dengan cara melakukan beberapa aktivitas yang mampu menghilangkan stres.

Ketika stres melanda, Moms dapat menyempatkan waktu untuk memanjakan diri dengan melakukan perawatan diri seperti spa atau berendam. Kegiatan ini tidak hanya akan mengendurkan segala indra melainkan juga bisa membantu menenangkan kulit. Selain itu, Moms juga bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti membaca, menulis, yoga, melukis, menari, atau apapun yang ingin dilakukan selama beberapa menit setiap hari untuk mengurangi stres yang sedang dialami.

Selanjutnya: Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Kanker Payudara yang Harus Diketahui Perempuan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News